ANALISIS FRAMING DAN PRAKTIK JURNALISME DAMAI DALAM PEMBERITAAN AKTIVIS PALESTINA AHED TAMIMI DI REPUBLIKA.CO.ID (Periode 5 januari 2018 – 13 Mei 2019)

Halim, Awwaluddin Azizi (2019) ANALISIS FRAMING DAN PRAKTIK JURNALISME DAMAI DALAM PEMBERITAAN AKTIVIS PALESTINA AHED TAMIMI DI REPUBLIKA.CO.ID (Periode 5 januari 2018 – 13 Mei 2019). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
5. COVER.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (282kB) | Preview

Abstract

Konflik Israel dan Palestina memunculkan aktivis Palestina Ahed Tamimi yang melakukan aksi perlawanan demi menegakkan keadilan. Ahed Tamimi intensif diberitakan oleh portal berita online republika.co.id. Dalam memberitakan suatu peristiwa konflik, media dapat dengan mudah membingkai realitas yang mereka tanamkan demi membentuk opini dari khalayak pembacanya.Dalam suasana konflik media bisa memilih untuk menjadi juru damai demi selesainya konflik, serta dapat pula menjadi pihak yang memperkeruh jalannya konflik. Maka dari itu lahirlah jurnalisme damai yang bertujuan sebagai jembatan bagi pihak yang berseteru agar konflik terselesaikan dengan damai. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana republika.co.id melakukan pembingkaian dan mempraktikkan jurnalisme damai dalam pemberitaan aktivis Palestina Ahed Tamimi pada periode 5 Januari 2018-13 Mei 2019. Tujuan penelitian ini untuk melihat seperti apa republika.co.id menyajikan pembingkaian berita di portal berita milik mereka dan mengetahui apakah republika dapat menerapkan pemberitaan dari segi jurnalisme damai dalam upaya penyelesaian kasus Ahed Tamimi.Teori yang digunakanpada penelitian ini adalah teori konstruksi realitas sosial milih Peter L. Berger dan teori jurnalisme damai milik Johan Galtung. Penelitian ini berjenis kualitatif yang dilakukan peneliti dengan mengkomparasikan analisis framing Robert N. Entman dan analisis jurnalisme damai milik Jake Lynch dari Transcend Media Service. Hasil penelitian yang diperoleh ialah, republika.co.id melakukan pemeliharaan realitas pada kebanyakan beritanya dengan menjadikan Ahed Tamimi sebagai pahlawan yang dicintai oleh rakyat Palestina dan Israel merupakan pihak yang kejam dalam menerapkan hukum. Selanjutnya dari analisis jurnalisme damai, republika.co.id belum mampu menghadirkan narasumber dari kedua pihak yang berseteru dan melakukan penyelesaian konflik secara damai tanpa adanya konfrontasi di kebanyakan artikel berita yang mereka publikasikan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Ahed Tamimi, jurnalisme damai, konstruksi realitas sosial, analisis framing Robert N. Entman, analisis jurnalisme damai Jake lynch
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 20 Sep 2019 07:05
Last Modified: 20 Sep 2019 07:05
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21153

Actions (login required)

View Item View Item