PERAN UNITED NATIONS HIGH COMMISIONER FOR REFUGEES (UNHCR) DALAM PENANGANAN PENGUNGSI ROHINGYA DI INDONESIA TAHUN 2015 - 2018

CESARE, JUANITO (2019) PERAN UNITED NATIONS HIGH COMMISIONER FOR REFUGEES (UNHCR) DALAM PENANGANAN PENGUNGSI ROHINGYA DI INDONESIA TAHUN 2015 - 2018. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img] Text
3. COVER.pdf

Download (187kB)
[img] Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (541kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[img] Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB)

Abstract

Skripsi ini menganalisa peran United Nations High Commisioner for Refugee (UNHCR) dalam menangani permasalah pengungsi Rohingya di Indonesia tahun 2015-2018 dengan fokus penelitian pada solusi jangka panjang dan jangka pendek yang diberikan UNHCR sesuai dengan mandat dari PBB. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan meneliti data - data yang bersifat non - angka sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif (penggambaran) yang berupa data - data tertulis. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori organisasi internasional menurut Clive Archer. Dari hasil analisasi dengan menggunakan teori tersebut dapat disimpulkan bahwa peran UNHCR dalam menangani masalah pengungsi Rohingya di Indonesia sesuai dengan mandat dari Majelis Umum PBB adalah membantu pengungsi untuk mendapatkan solusi berkelanjutan (durable solution) yaitu, keberangkatan ke negara ketiga (resettlement), pemulangan kembali pengungsi kenegara asalnya (repatriation), integrasi lokal pengungsi di negara suaka (local integration), dan pemberian bantuan materil. Namun demikian, hasil dari penelitian ini juga menunjukkan bahwa meskipun telah berupaya dalam menjalankan perannya dan membantu pengungsi Rohingya yang ada di Indonesia beberapa peran UNHCR tersebut belum sepenuhnya maksimal dilakukan karena adanya hambatan-hambatan baik secara internal maupun eksternal.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: UNHCR, pengungsi, Rohingya, Indonesia, organisasi internasional
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 20 Sep 2019 03:26
Last Modified: 20 Sep 2019 03:26
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21136

Actions (login required)

View Item View Item