TOTTO-CHAN: “GADIS CILIK DI JENDELA” (Analisis Wacana Kritis Tentang Ideologi Anarkisme Pendidikan Pada Anak Dalam Novel Karya Tetsuko Kuroyanagi)

Dewi, Nadia Putri (2019) TOTTO-CHAN: “GADIS CILIK DI JENDELA” (Analisis Wacana Kritis Tentang Ideologi Anarkisme Pendidikan Pada Anak Dalam Novel Karya Tetsuko Kuroyanagi). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (17kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI FIX.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI FIX.pdf

Download (18kB) | Preview
[thumbnail of PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (438kB) | Preview

Abstract

Ideologi dapat memperoleh suatu makna tertentu melalui wacana dan konteks.
Persoalan ideologi dalam pendidikan, memang merupakan suatu masalah yang
cukup rumit karena terkait dengan sistem nilai atau pola gagasan yang menjadi
keyakinan seseorang atau kelompok. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah
menganalisis adanya ideologi pendidikan baru yang ingin diperkenalkan kepada
masyarakat dalam proses belajar mengajar yang terkandung dalam korpus-korpus
yang ada di dalam novel Totto-Chan: “Gadis Cilik di Jendela”. Ideologi yang
terkandung dari novel tersebut adalah ideologi anarkisme pendidikan. Penelitian
ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif yang menggunakan metode
pengumpulan data berupa korpus atau unit analisis yang memiliki arti atau makna
tentang sistem pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ideologi
anarkisme pendidikan yang di terapkan di sekolah Tomoe itu dapat membantu
anak tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri dan peka akan lingkungan sekitar.
Anak-anak dididik dengan kemampuan mereka yang berbeda-beda dan tidak
dituntut harus menjadi sesuatu yang tidak mereka sukai. Ideologi ini cukup efektif
untuk membangun anak-anak agar menjadi generasi yang maju dan cerdas, karena
apa yang diterima anak sejak dini itulah yang akan mereka lalukan dimasa depan,
sedangkan ideologi anarkisme pendidikan ini lebih menekankan di sekolah anakanaklah
yang memegang kendali, jadi apapun yang mereka ingin pelajari mereka
yang berhak menentukan. Ini sudah menjadi salah satu cara agar anak dapat
menyadari bakat apa yang mereka miliki dan harus dengan cara apa bakat tersebut
dikembangkan merekalah yang tahu, guru atau orang tua hanya dapat
membimbing dan mengawasi jika anak memiliki kesulitan atau permasalahan
yang harus dipecahkan.
Kata Kunci: Ideologi Anarkisme Pendidikan, Tomoe Gakuen, Anak-Anak,
Novel Totto-Chan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 19 Sep 2019 02:58
Last Modified: 08 May 2023 06:34
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21113

Actions (login required)

View Item View Item