PERANCANGAN ULANG TUNGKU TRADISIONAL BERBAHAN BAKAR BIOMASSA UNTUK MENGURANGI TINGKAT POLUSI DAN MEMPERBAIKI POSTUR KERJA (Studi Kasus pada UKM Ayam Goreng Kalasan Bu Tatik Widodo)

Irawan, Dikdik (2019) PERANCANGAN ULANG TUNGKU TRADISIONAL BERBAHAN BAKAR BIOMASSA UNTUK MENGURANGI TINGKAT POLUSI DAN MEMPERBAIKI POSTUR KERJA (Studi Kasus pada UKM Ayam Goreng Kalasan Bu Tatik Widodo). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (12kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (18kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (419kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI-FULL.pdf] Text
SKRIPSI-FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tungku tradisional masih menjadi pilihan utama bagi para pemilik usaha ayam goreng kalasan dalam proses produksinya tidak terkecuali UKM Ayam goreng kalasan Bu Tatik Widodo. Tungku tradisional digunakan untuk proses perebusan ayam, namun kendala dari penggunaan tungku tradisional yaitu dimensi tungku tidak sesuai dengan postur tubuh pengguna dan polusi asap yang dihasilkan mengganggu pernapasan.
Guna mengatasi hal tersebut, perlu adanya perancangan ulang tungku tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk merancang ulang tungku tradisional berbahan bakar biomassa untuk mengurangi tingkat polusi dan memperbaiki postur kerja. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan Nordic Body Map, metode Rappid Upper Limb Asesment (RULA) untuk mengetahui kondisi postur pekerja, perancangan alat menggunakan metode Pahl and Beitz, Anthropometri bertujuan agar dimensi dari tungku tradisonal bisa digunakan dengan nyaman oleh para pekerja.
Hasil dari penelitian ini adalah terciptanya tungku tradisional berbahan bakar biomassa untuk mengurangi tingkat polusi dan memperbaiki postur kerja. Desain dari tungku tradisional yang baru berhasil mengurangi tingkat polusi dengan adanya cerobong asap, serta dimensi tungku disesuaikan dengan postur pekerja sehingga bisa memperbaiki postur kerja sebelumnya.
Kata kunci : Tungku Tradisional, Tingkat Polusi, Postur Kerja, Rappid Upper
Limb Assesment, Pahl and Beitz

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 18 Sep 2019 07:41
Last Modified: 19 Dec 2022 07:18
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21097

Actions (login required)

View Item View Item