PEMILIHAN ALTERNATIF LOKASI TEMPAT BELAJAR TERBUKA DI PERGURUAN TINGGI MENGGUNAKAN METODE TOPSIS (Studi Kasus di Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Yogyakarta)

Ian Valdi Lase, Ian Valdi Lase (2019) PEMILIHAN ALTERNATIF LOKASI TEMPAT BELAJAR TERBUKA DI PERGURUAN TINGGI MENGGUNAKAN METODE TOPSIS (Studi Kasus di Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 2. Abstrak.pdf]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 3 Cover.pdf]
Preview
Text
3 Cover.pdf

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 5. Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 1.-Skripsi-full.pdf] Text
1.-Skripsi-full.pdf

Download (11MB)

Abstract

Suasana pembelajaran yang Aktif, Kreatif, dan Menyenangkan (PAKEM) dalam proses pendidikan di perguruan tinggi diperlukan untuk menciptakan sumber daya manusia yang bermutu. Salah satunya dengan mengadakan tempat belajar terbuka. tempat belajar terbuka yang diperuntukan kepada mahasiswa untuk belajar/diskusi/bekerja baik secara mandiri maupun berkelompok. Tempat belajar terbuka yang sudah ada di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) tidak terawat dan mahasiswa tidak tersebar secara merata. Ada beberapa tempat belajar yang penuh padat dan beberapa tidak ditempati mahasiswa. Masih banyak lahan kosong yang dapat dijadikan lokasi tempat belajar terbuka. Sehingga pejabat setempat memberikan 5 alternatif lokasi. Dari 5 lokasi tersebut, perlu dilakukan pemilihan lebih lanjut sehingga pembangunan tepat sasaran. Dalam pemilihannya, perlu mempertimbangkan kriteria-kriteria dari mahasiswa sebagai pengguna utama fasilitas dimaksud. Dari hasil studi pendahuluan didapatkan bahwa mahasiswa memiliki banyak kriteria dengan bobot yang beragam dalam menentukan lokasi tempat belajar terbuka. Masalah yang dihadapi yaitu bagaimana cara memilih lokasi terbaik dari alternatif-alternatif lokasi yang ada.. Terdapat dua kriteria dalam memililh alternatif lokasi yaitu lingkungan dan fasilitas. Kriteria lingkungan diberikan penilaian rating kecocokan menggunakan perbandingan berpasangan. Sedangkan kriteria fasilitas dilakukan perhitungan jarak secara langsung. Dalam memilih alternatif lokasi yang diberikan tersebut digunakan metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Tujuan penelitian ini adalah memilih lokasi tempat belajar terbuka terbaik di Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Dari hasil perhitungan yang telah dilakukan, dipilih lokasi C sebagai lokasi terbaik dari kelima lokasi yang ada. Lokasi D berada pada posisi kedua dan dilanjutkan dengan lokasi B, E dan A. Lokasi alternatif A mendapatkan nilai sebesar 0, 663 dan posisi kedua yaitu lokasi E dengan nilai sebesar 0, 648. Sedangkan, alternatif lokasi B, D, dan C berturut-turut 0,604, 0,570, dan 0,402. Kata kunci: TOPSIS, AHP, fasilitas, lingkungan, pemilihan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Chemistry
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 18 Sep 2019 07:21
Last Modified: 13 Jun 2022 04:14
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21095

Actions (login required)

View Item View Item