ANALISIS KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DENGAN METODE HAZARD IDENTIFICATION, RISK ASSESSMENT, AND RISK CONTROL (HIRARC) DI PT ARGA WASTU, KABUPATEN REMBANG, JAWA TENGAH

ADELITA, EKSA OKY (2019) ANALISIS KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DENGAN METODE HAZARD IDENTIFICATION, RISK ASSESSMENT, AND RISK CONTROL (HIRARC) DI PT ARGA WASTU, KABUPATEN REMBANG, JAWA TENGAH. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKASAN DAN ABSTRACT.pdf

Download (11kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

PT Arga Wastu berlokasi di Kecamatan Sluke, Kabupaten Rembang, Provinsi Jawa Tengah. Perusahaan ini bergerak pada usaha pertambangan Andesit menggunakan sistem tambang terbuka dengan metode kuari. Kegiatan yang dilakukan adalah tahapan pembongkaran, pemuatan, pengangkutan, pengolahan, dan penjualan. Setiap tahapan memiliki potensi bahaya. Bahaya tersebut dapat berisiko mengakibatkan kecelakaan yang terjadi karena tindakan tidak aman dan kondisi tidak aman. Penelitian yang dilakukan pada lokasi pengeboran dan peledakan di PT Arga Wastu didapatkan persentase tindakan tidak aman sebesar 63,64% dan kondisi tidak aman sebesar 36,36%. Untuk menghindari dan mengurangi risiko yang dapat terjadi maka diperlukan manajemen risiko yaitu dengan identifikasi bahaya (hazard identification), penilaian risiko (risk assessment), serta pengendalian risiko (risk control) atau HIRARC. Pengamatan identifikasi bahaya pada penelitian ini dilakukan di kegiatan pengeboran dan peledakan untuk selanjutnya diketahui hasil penilaian risiko serta pengendalian yang dapat digunakan. Dari hasil penelitian tersebut pada kegiatan pengeboran didapatkan 75% tingkat risiko rendah dan 25% tingkat risiko menengah dan serta pada kegiatan peledakan didapatkan 71% tingkat risiko rendah dan 29% tingkat risiko menengah. Dari hasil risiko tersebut ditentukan pengendalian risiko untuk mengurangi dan menghilangkan potensi tersebut. Untuk menjamin keselamatan dan kesehatan pekerja selain dengan adanya manajemen risiko juga diterapkannya program Keselamatan dan Kesehatan Kerja oleh PT Arga Wastu yaitu pembuatan SOP, penyediaan APD, adanya pengawas k3 harian, pemasangan rambu K3, serta pelaksanaan safety forum discussion. Namun, dalam pelaksanaannya masih terdapat kekurangan sehingga perlu dilakukan evaluasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 13 Sep 2019 06:56
Last Modified: 13 Sep 2019 06:56
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21071

Actions (login required)

View Item View Item