LATAR BELAKANG KELUARNYA AMERIKA SERIKAT DARI KESEPAKATAN JOINT COMPREHENSIVE PLAN OF ACTION (JCPOA) PADA TAHUN 2018 DALAM ISU NUKLIR IRAN

FRANSISKO, FRANSISKO (2019) LATAR BELAKANG KELUARNYA AMERIKA SERIKAT DARI KESEPAKATAN JOINT COMPREHENSIVE PLAN OF ACTION (JCPOA) PADA TAHUN 2018 DALAM ISU NUKLIR IRAN. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK .pdf]
Preview
Text
ABSTRAK .pdf

Download (285kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (311kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (459kB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (192kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan tentang latar belakang keputusan AS yang menarik diri dari Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA). Selama belasan tahun, Iran merundingkan program nuklirnya dengan negara-negara anggota Dewan Keamanan PBB dan Uni Eropa. Meskipun Iran adalah anggota IAEA dan mematuhi aturan NPT, AS dan Israel selalu menuduh Iran sedang membuat senjata nuklir dan menjadi ancaman bagi perdamaian dunia. Dalam perundingan yang berlangsung bertahun-tahun, Iran terus berusaha meyakinkan negara-negara adidaya bahwa pihaknya sama sekali tidak membuat senjata nuklir. Akhirnya pada tahun 2015 disepakati JCPOA yang berisi kesediaan Iran membatasi pengembangan program nuklirnya dan sebagai imbalannya, segala jenis embargo yang sangat menekan perekonomian Iran akan dicabut. Namun, pergantian Presiden AS dari Barrack Obama ke Donald Trump memunculkan dinamika baru yang merusak kesepakatan ini. Trump secara sepihak menarik diri dari JCPOA meskipun dikritik oleh negara-negara Eropa.
Kata Kunci: Amerika, Iran, JCPOA, Donald Trump.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Amerika, Iran, JCPOA, Donald Trump.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 12 Sep 2019 02:00
Last Modified: 04 Jan 2024 03:49
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21058

Actions (login required)

View Item View Item