RENCANA TEKNIS REKLAMASI TAMBANG TANAH LIAT BERDASARKAN TINGKAT KERUSAKAN LAHAN PADA WILAYAH PERTAMBANGAN RAKYAT DI DUSUN PENDEKAN, DESA MARGODADI, KECAMATAN SEYEGAN, KABUPATEN SLEMAN

Voreta, Starpa (2019) RENCANA TEKNIS REKLAMASI TAMBANG TANAH LIAT BERDASARKAN TINGKAT KERUSAKAN LAHAN PADA WILAYAH PERTAMBANGAN RAKYAT DI DUSUN PENDEKAN, DESA MARGODADI, KECAMATAN SEYEGAN, KABUPATEN SLEMAN. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover-Skripsi-Starpa Voreta-TL-2012-14120035-UPNVYK (Perpus Pusat).pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
INTISAR.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI-Starpa Voreta-TL-2012-114120035-UPNVYK (Perpus Pusat).pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan- Skripsi-Starpa Voreta-TL-2012-114120035-UPNVYK (Perpus Pusat).pdf

Download (295kB) | Preview
[img] Text
Skripsi S1 Starpa Voreta-114120035.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Kegiatan penambangan tanah liat di Dusun Pendekan belum menggunakan teknik penambangan yang baik, dan belum ke arah penambangan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan. Kegiatan penambangan tersebut menyebabkan perubahan topografi yang dapat menyebabkan kerusakan lahan dan menurunnya kesuburan tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kerusakan lahan dan membuat perencanaan rekalamasi yang sesuai di Dusun Pendekan, Desa Margodadi, Kecamatan Seyegan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan untuk mendapatkan tingkat kerusakan lingkungan yaitu dengan survey, pemetaan, analisis data, uji laboratorium, dengan parameter yang digunakan untuk kerusakan lahan adalah, batas tepi galian, batas kedalaman galian terhadap tinggi muka air tanah, relief dasar galian, kemiringan tebing galian, tinggi dinding galian, kondisi jalan, pengembalian tanah pucuk, dan tutupan vegetasi. Sedangkan untuk kesuburan tanah parameter yang digunakan Ntotal, P-total, K-total. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling berdasarkan sebelum dan sesudah adanya penambangan. Semua parameter yang ada diperoleh dengan cross check data di lapangan dan pemetaan lapangan. Teknik pengelolaan mengacu pada KepMen ESDM no 1827 tahun 2018 sesuai dengan lampiran 6 untuk peruntukan lainnya seperti area pembudidayaan, dan KepGub DIY no 63 tahun 2003 untuk perencanaan teknisnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kerusakan lahan area penambangan banyak dalam kategori rusak dari 8 parameter yang diteliti. Arahan pengelolaan berupa pemodelan pembuatan teras dengan jenjang lebar teras total sebesar 8 meter dan tinggi dinding teras setinggi 2 meter. Jenis Vegetasi bagian teras ditanami pohon mangga sebagai pioner, dan jagung di sela pohon pioner. Penanaman cover crop berupa tanaman rumput gajah pada daerah tamping guna memperkuat stabilitas lereng. Pengendalian erosi dan mengurangi dampak aliran permukaan di buat paritan dan SPA pada lahan reklamasi. Kata Kunci:Penambangan, Kerusakan Lahan, Reklamasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 05 Sep 2019 06:46
Last Modified: 05 Sep 2019 06:46
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20931

Actions (login required)

View Item View Item