RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL BAWANG MERAH (Allium ascolanicum L.) TERHADAP PEMOTONGAN UMBI BIBIT DAN KOMPOSISI MEDIA TANAM

WICAKSONO, BAYU NUR (2019) RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL BAWANG MERAH (Allium ascolanicum L.) TERHADAP PEMOTONGAN UMBI BIBIT DAN KOMPOSISI MEDIA TANAM. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of lembar pengesahan.pdf]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (148kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pemotongan umbi dan penggunaan macam media yang sesuai terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah (Allium ascolanicum L.). Penelitian ini dilaksanakan di Kebun Penelitian Wedomartani Sleman Yogyakarta pada bulan Februari – April 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah percobaan lapangan yang disusun menurut Rancangan Acak Lengkap (RAL), terdiri dari dua faktor. Faktor pertama adalah pemotongan umbi yang terdiri dari tiga taraf yaitu kontrol, pemotongan 1/4 bagian dan pemotongan 1/3 bagian. Faktor kedua adalah media tanam dengan 3 taraf yaitu tanah :pasir : kascing ( 2 : 1 : 1 ), tanah :pasir : kascing ( 2 : 1 : 2 ), tanah : pasir : kascing ( 2 : 1 : 3 ). Parameter yang diamati meliputi tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah anakan, jumlah umbi perumpun, diameter umbi perumpun, bobot umbi segar perumpun, dan bobot umbi kering perumpun. Berdasarkan sidik ragam dengan uji lanjut dengan uji jarak Berganda Duncan atau Duncan’s Mutiple Test (DMRT) pada jenjang nyata. Hasil penelitian menunjukkan Terdapat interaksi nyata antara kombinasi perlakuan pemotongan umbi bibit bawang merah dan komposisi media tanam yaitu pada pemotongan 1/3 dan media tanam tanah : pasir : kascing ( 2 : 1 : 3) terutama pada tinggi tanaman 60 hst, jumlah anakan bawang merah 30 hst, jumlah anakan bawang merah 45 hst, jumlah anakan bawang merah 60 hst, dan jumlah umbi bawang merah per rumpun.Pemotongan 1/3 umbi bibit bawang merah merupakan perlakuan pemotongan yang paling baik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah terutama pada parameter; jumlah daun 15 hst, jumlah daun 45 hst, jumlah daun 60 hst, jumlah anakan bawang merah 15 hst, bobot basah umbi bawang merah per rumpun, dan bobot kering ekonomis umbi bawang merah per rumpun. Komposismedia tanam Tanah : pasir : Kascing ( 2 : 1 : 3 ) merupakan komposisi terbaik khususnya pada parameter: jumlah daun 60 hst, dan diameter umbi bawang merah per rumpun.
Kata kunci : Bawang merah, pemotongan umbi, media tanam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 04 Sep 2019 06:32
Last Modified: 18 Aug 2023 03:42
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20926

Actions (login required)

View Item View Item