PENERAPAN PRINSIP 5S TERHADAP EFISIENSI WAKTU PENCARIAN KOMPONEN DI GUDANG KOMPONEN ELEKTRONIK (Studi Kasus pada PT Jogja Mitra Panel)

Winandari Budaya, Pinkie (2019) PENERAPAN PRINSIP 5S TERHADAP EFISIENSI WAKTU PENCARIAN KOMPONEN DI GUDANG KOMPONEN ELEKTRONIK (Studi Kasus pada PT Jogja Mitra Panel). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. COVER.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

PT Jogja Mitra Panel adalah perusahaan yang bergerak di bidang penyedia jasa pelayanan teknik dan pengadaan barang mechanical dan electrical. Gudang komponen elektronik di perusahaan ini belum memiliki pengaturan penyimpanan komponen yang baik sehingga karyawan kesulitan dalam mencari barang untuk memenuhi pesanan. Penataan barang yang dilakukan secara asal ini berdampak pada lamanya waktu pelayanan karena komponen di gudang saling tercampur satu sama lain. Lokasi penyimpanan yang belum spesifik ini menimbulkan ketidakteraturan penyimpanan, terganggunya aliran transportasi, dan lingkungan gudang menjadi kotor. Penelitian ini membahas mengenai usulan penerapan cara penyimpanan, penataan, dan perbaikan lingkungan kerjadi gudang komponen elektronik dengan menggunakan prinsip 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke) sehingga dapat mewujudkan suatu aktivitas pencarian komponen perakitan panel LVMDP dengan waktu yang lebih singkat dengan mempertimbangkan area lingkungan kerja yang lebih aman dan nyaman. Data yang didapat dari observasi langsung di gudang komponen elektronik ini didukung pula dengan dokumentasi untuk memperkuat hasil pengamatan. Teknik analisis data yang dilakukan adalah dengan menghitung perbandingan performansi pekerja dan kondisi lingkungan kerja pada saat sebelum dan sesudah penerapan prinsip 5S. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa waktu pencarian komponen sebelum penerapan prinsip 5S adalah selama 1 menit 37,19 detik sedangkan waktu pencarian komponen setelah penerapan prinsip 5S adalah selama 1 menit 2,73 detik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat selisih waktu selama 34,46 detik atau penghematan waktu sebesar 35,46%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan prinsip 5S telah mampu mempersingkat waktu pencarian komponen dalam perakitan panel LVMDP. Kata kunci: prinsip 5S, waktu pencarian komponen, performansi pekerja, gudang komponen elektronik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Chemistry
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 04 Sep 2019 06:09
Last Modified: 04 Sep 2019 06:09
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20921

Actions (login required)

View Item View Item