KAJIAN PENCEMARAN AIRTANAH DI PADUKUHAN SETURAN, DESA CATURTUNGGAL, KECAMATAN DEPOK, KABUPATEN SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Hakim, Panji Ibnu (2019) KAJIAN PENCEMARAN AIRTANAH DI PADUKUHAN SETURAN, DESA CATURTUNGGAL, KECAMATAN DEPOK, KABUPATEN SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRACT S1 PANJI IBNU HAKIM (114120024).pdf]
Preview
Text
ABSTRACT S1 PANJI IBNU HAKIM (114120024).pdf

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK S1 PANJI IBNU HAKIM (114120024).pdf]
Preview
Text
ABSTRAK S1 PANJI IBNU HAKIM (114120024).pdf

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of COVER S1 PANJI IBNU HAKIM (114120024).pdf]
Preview
Text
COVER S1 PANJI IBNU HAKIM (114120024).pdf

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN S1 PANJI IBNU HAKIM (114120024).pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN S1 PANJI IBNU HAKIM (114120024).pdf

Download (442kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI S1 PANJI IBNU HAKIM (114120024).pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI S1 PANJI IBNU HAKIM (114120024).pdf

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (181kB)

Abstract

Air merupakan salah satu unsur penting dalam kehidupan. Hampir seluruh kehidupan di dunia ini tidak terlepas dari adanya unsur air. Kualitas airtanah yang ada di alam berbeda – beda baik menurut ruang dan waktu terutama karena pengaruh aktifitas manusia, jenis batuan, karakteristik akuifer, topografi, dan juga penggunaan lahan.Pembangunan untuk kebutuhan tempat tinggal, perkantoran, tempat usaha, kos-kosan maupun apartment memiliki dampak yang berpengaruh terhadap kualitas airtanah. Aktivitas tersebut akan menimbulkan limbah yang akan menjadi permasalahan terhadap kualitas airtanah. Aktivitas dari sektor domestik maupun kegiatan usaha sering menimbulkan limbah yang tidak dikelola dan akan dapat menimbulkan potensi pencemaran air tanah yang biasa digunakan oleh masyarakat sekitar. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kondisi kualitas airtanah, serta arahan teknik pengolahan air tanah pada lokasi penelitian. Lokasi penelitian terletak di Padukuhan Seturan, Desa Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Metode yang digunakan adalah survei dan pemetaan lapangan, metode yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah metode purposive sampling, metode indeks pencemaran digunakan untuk mencari nilai status mutu airtanah yang mengacu pada Keputusan Menteri Lingkungan Hidup No 115 Tahun 2003, metode evaluasi deskriptif digunakan untuk mengevaluasi seluruh hasil penelitian yang telah diukur. Perlu adanya pengelolaan limbah cair domestik agar tetap menjaga kualitas airtanah dengan membuat rancangan IPAL Komunal dengan sistem Biofilter Aerob-Anaerob.
Berdasarkan dengan penentuan status mutu airtanah dengan menggunakan metode Indeks Pencemaran, kondisi kualitas fisik air sumur warga tergolong jernih dengan status mutu air tidak tercemar sehingga masih layak digunakan secara kondisi fisik. Perencanaan sistem jarigan pipa ke IPAL Komunal akan dibuat dari topografi yang lebih tinggi menuju topografi yang lebih rendah (dari barat ke timur). Hal ini dikarenakan sistem penyaluran dalam jaringan pipa akan menggunakan grafitasi sebagai penyalur limbah cair domestik tanpa menggunakan bantuan pompa menuju IPAL Komunal. Rekomendasi pengelolaan kualitas airtanah adalah perlu adanya penelitian lanjutan untuk parameter kimia maupun biologi airtanah, rancangan teknis secara detail (detail engineering design) untuk IPAL Komunal dengan sistem IPAL Biofilter Aerob-Anaerob.
Kata Kunci: Kualitas Airtanah, Parameter Fisik Air, IPAL Komunal.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Airtanah, Parameter Fisik Air, IPAL Komunal.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 04 Sep 2019 05:59
Last Modified: 08 Jan 2024 01:36
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20919

Actions (login required)

View Item View Item