TEKNIS PERENCANAAN REKLAMASI LAHAN TAMBANG KALKARENIT DI DUSUN GEMBUK, DESA GETAS, KECAMATAN PLAYEN, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Nugrahanto, Prasetyawan (2019) TEKNIS PERENCANAAN REKLAMASI LAHAN TAMBANG KALKARENIT DI DUSUN GEMBUK, DESA GETAS, KECAMATAN PLAYEN, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Prasetyawan_Nugrahanto_Teknik_Lingkungan_114120075_S1_COVER.pdf]
Preview
Text
Prasetyawan_Nugrahanto_Teknik_Lingkungan_114120075_S1_COVER.pdf

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of Prasetyawan_Nugrahanto_Teknik_Lingkungan_114120075_S1_DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
Prasetyawan_Nugrahanto_Teknik_Lingkungan_114120075_S1_DAFTAR_ISI.pdf

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of Prasetyawan_Nugrahanto_Teknik_Lingkungan_114120075_S1_INTISARI&ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
Prasetyawan_Nugrahanto_Teknik_Lingkungan_114120075_S1_INTISARI&ABSTRAK.pdf

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of Prasetyawan_Nugrahanto_Teknik_Lingkungan_114120075_S1_LEMBAR_PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
Prasetyawan_Nugrahanto_Teknik_Lingkungan_114120075_S1_LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (387kB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (73kB)

Abstract

Penelitian dilakukan di Dusun Gembuk, Desa Getas Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi yang diteliti merupakan area kegiatan penambangan kalkarenit yang dilakukan oleh warga sekitar tanpa memperhatikan kaidah pertambangan yang baik dan benar sehingga dari kegiatan tersebut menimbulkan perubahan kondisi lahan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kondisi eksisting lahan pada area penambangan dan merencanakan teknik reklamasinya sesuai dengan kondisi eksisting lahan yang ada.
Metode yang digunakan meliputi metode survey, pemetaan lapangan, dan uji laboratorium (pH-H2O, C-Org, N-Total dan K-Tersedia). Pada pengambilan sampel tanah digunakan metode purposive sampling dengan acuan peta dan pengamatan lapangan. Metode pada analsis data digunakan metode deskriptif untuk mengetahui dan mengukur tiap parameter kondisi eksisting. Parameter kondisi eksisting mengacu pada Keputusan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta No. 63 Tahun 2003 Tentang Kriteria Baku Kerusakan Lingkungan Bagi Usaha dan/atau Kegiatan Penambangan Bahan Galian Golongan C Di Wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Parameter yang digunakan yaitu parameter tinggi dinding galian, relief dasar galian, kondisi jalan, batas tepi galian, kemiringan dinding galian, ketersediaan tanah pucuk dan penutup lahan oleh vegetasi.
Hasil yang didapat menunjukkan bahwa dampak dari kegiatan penambangan kalkarenit telah mengubah lingkungan fisik dengan kondisi eksisting melebihi baku mutu yang telah ditentukan, diantaranya dilihat dari hasil parameter kemiringan tebing galian, tinggi dinding galian, kondisi jalan, dan pengelolaan tanah pucuk yang tidak sesuai dengan baku mutu. Teknik reklamasi yang direncanakan yaitu penataan bentuk lahan dengan cara perataan lahan sebagai fungsi lahan untuk hutan produksi, merancang pembuatan saluran drainase/spa dan metode penanaman yang dipilih untuk kegiatan revegetasi adalah pola monokultur dengan pola tanam sistem pot/lubang. Kebutuhan pot/lubang untuk kegiatan revegetasi sebanyak 997 pot/lubang sesuai luasan lahan yang akan direklamasi dengan dimensi pot/lubang 40 cm x 40 cm x 40 cm dan jarak tanam 3 m x 3 m. Tanaman yang dipilih adalah jati (Tectona grandis) sebagai tanaman pionir yang dibutuhkan sebanyak 1.097 bibit jati dimana 10% lebih banyak dari jumlah pot/lubang, dan rumput gajah (Pennisetum Purpureum) dipilih sebagai cover crop.
Kata kunci: Kegiatan Pertambangan, Kondisi Eksisting Lahan, Reklamasi

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Pertambangan, Kondisi Eksisting Lahan, Reklamasi
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 03 Sep 2019 08:12
Last Modified: 08 Jan 2024 02:39
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20907

Actions (login required)

View Item View Item