KONSTRUKSI PEMBERITAAN PROSTITUSI ONLINE DI MEDIA DARING (Analisis Framing Berita Kasus Prostitusi Online Artis Vanessa Angel di Media Detik.com dan Tirto.id Periode Januari 2019)

MURTISARI, MARDELLA SAVITRI (2019) KONSTRUKSI PEMBERITAAN PROSTITUSI ONLINE DI MEDIA DARING (Analisis Framing Berita Kasus Prostitusi Online Artis Vanessa Angel di Media Detik.com dan Tirto.id Periode Januari 2019). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (258kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Media daring saat ini adalah media yang paling banyak di akses masyarakat untuk mendapatkan sebuah informasi. Pemberitaan di media daring cenderung mengejar kecepatan serta bombastis. Sehingga ketika terjadi kasus prostitusi daring yang melibatkan artis Vanessa Angel menarik perhatian dari media serta khalayak luas. Media kemudian berlomba-lomba untuk memberitakan kasus tersebut dengan mengabaikan isu sensitivitas terhadap perempuan. Padahal hal tersebut, merugikan personal maupun kaum perempuan secara keseluruhan, serta dapat berpengaruh pada pola pikir masyarakat terhadap perempuan yang terlibat kasus prostitusi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana konstruksi pemberitaan terhadap kasus prostitusi artis Vanessa Angel. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan analisis framing Robert Entmant yang terbagi menjadi empat elemen konsep, yaitu define problems (pendefenisian masalah), diagnose causes (memperkirakan sumber masalah), make moral judgement (membuat keputusan moral), treatment recommendations (menekankan kesimpulan/penyelesaian). Obyek yang diteliti adalah berita-berita Detikcom dan Tirto.id terkait kasus prostitusi daring tersebut periode Januari 2019. Teori yang digunakan adalah teori Konstruksi Realitas Media dan Teori Framing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konstruksi realitas di media massa, dipengaruhi oleh kebijakan redaksi. Kebijakan ini pula yang akhirnya menentukan bagaimana sebuah media akan melakukan seleksi dan penonjolan terhadap sebuah isu. Pada kasus Prostitusi Daring yang melibatkan Artis Vanessa Angel, Detikcom dan Tirto.id melakukan seleksi dan penonjolan isu yang berbeda. Kata kunci: Konstruksi Realitas, Media Daring, Prostitusi Daring, Analisis Framing, Perempuan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 03 Sep 2019 06:32
Last Modified: 03 Sep 2019 06:32
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20905

Actions (login required)

View Item View Item