PENGARUH TERPAAN BERITA KECELAKAAN LION AIR DI MEDIA DARING TERHADAP MINAT MAHASISWA DALAM MENGGUNAKAN LION AIR (Survei Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta)

Pratomo, Ilham Rizki (2019) PENGARUH TERPAAN BERITA KECELAKAAN LION AIR DI MEDIA DARING TERHADAP MINAT MAHASISWA DALAM MENGGUNAKAN LION AIR (Survei Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (65kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tragedi jatuhnya maskapai penerbangan tarif rendah asal Indonesia, Lion Air telah diberitakan secara luas melalui portal berita daring. Krisis yang terjadi membuat masyarakat luas memperhatikan Lion Air sebagai sebuah perusahan maskapai penerbangan dengan jaminan keamanan yang rendah. Proses komunikasi massa sendiri dianggap mampu menghasilkan beberapa efek pda khalayak seperti efek kognitif, efek konatif, serta efek behavioral. Penelitian ini menggunakan teori S-O-R dan bertujuan untuk mengetahui adanya efek terpaan berita kecelakaan Lion Air di portal berita daring pada minat menggunakan Lion Air oleh mahasiswa (survei pada mahasiswa ilmu komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta) dengan Ho yang menyatakan bahwa tidak terdapat pengaruh antara variabel X dengan variabel Y, dan Ha yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh antara variabel X dengan variabel Y. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui survei pada 91 mahasiswa Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta. Sumber data diperoleh melalui kuesioner yang terdiri dari pernyataan-pernyataan yang diajukan kepada responden. Pearson Correlation digunakan untuk memvalidasi instrumen penelitian sementara Cronbach’s Alpha digunakan untuk menguji reliabilitas dari instrumen penelitian. Untuk menganalisis data, digunakan beberapa uji seperti uji regresi, uji t, dan uji r. Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan antara terpaan berita kecelakaan Lion Air terhadap minat menggunakan Lion Air oleh mahasiswa pada tingkat rendah yang terbukti melalui uji pearson correlation dengan nilai 0,340. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang menunjukan tingkat signifikansi 0,001, maka ditarik kesimpulan bahwa Ha yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y diterima. Lebih jauh lagi, disimpulkan bahwa terpaan berita kecelakaan Lion Air memiliki arah pengaruh negatif dan hanya mampu mempengaruhi 11,6% dari minat menggunakan Lion Air yang terbukti melalui uji determinasi. Kata Kunci: Lion Air, Kecelakaan Pesawat, Terpaan Berita, Minat, Efek Komunikasi Massa, Teori S-O-R, Krisis, Mahasiswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 03 Sep 2019 04:35
Last Modified: 03 Sep 2019 04:35
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20900

Actions (login required)

View Item View Item