STUDI KELAYAKAN COMPRESSED NATURAL GAS (CNG) SEBAGAI BAHAN BAKAR PADA BUS TRANS JOGJA (Studi kasus pada PT Anindya Mitra Internasional Yogyakarta)

Prayoga, Yosi (2019) STUDI KELAYAKAN COMPRESSED NATURAL GAS (CNG) SEBAGAI BAHAN BAKAR PADA BUS TRANS JOGJA (Studi kasus pada PT Anindya Mitra Internasional Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar pengesahan ttd.pdf

Download (702kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (578kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sektor transportasi merupakan sektor yang paling banyak mengkonsumsi energi di Indonesia yaitu bahan bakar minyak. Salah satu alternatif pergantian bahan bakar minyak yaitu dengan bahan bakar gas. Jenis bahan bakar gas yang dapat digunakan sebagai bahan bakar pada transportasi yaitu compressed natural gas (CNG). Pergantian bahan bakar tersebut dengan menambahkan alat pengkonversi atau converter kit. Dalam pengoperasiannya, Bus Trans Jogja masih menggunakan bahan bakar minyak solar. Perlu adanya studi kelayakan mengenai penggantian sistem bahan bakar gas CNG pada Bus Trans Jogja. Studi kelayakan pada Bus Trans Jogja dilakukan pada tiga aspek yaitu aspek teknis, aspek lingkungan dan aspek finansial. Aspek teknis dilakukan dengan menganalisis prosedur pergantian bahan bakar gas. Aspek lingkungan dilakukan penghitungan emisi gas yang dihasilkan pada bus dengan menggunakan CNG. Aspek finansial dilakukan perhitungan kriteria penilaian investasi yaitu NPV, IRR, Payback Period dan Indek Profiabilitas. Ananlisis sensitivitas dilakukan dengan merubah parameter berupa penurunan pendapatan dan kenaikan biaya operasional. Dari studi kelayakan diperoleh bahwa dengan dilakukan penggantian bahan bakar gas CNG pada Bus Trans Jogja pada aspek teknis dan lingkungan dapat dikatakan layak. Dan untuk aspek finansial dapat dikatakan belum layak. Pada aspek finansial dengan kriteria penilaian investasi diperoleh untuk nilai NPV sebesar –Rp 18,0770,911,603.00, Payback Period sebesar 12 tahun lebih 3 bulan, IRR sebesar 181% dan Indeks Profitabilitas sebesar -2.32. Sehingga aspek finansial perlu adanya bantuan anggaran dana dari pemerintah agar investasi dapat layak untuk dilaksanakan. Analisis sensitifitas terhadap penurunan pendapatan 20% dan kenaikan biaya operasional 20% hasilnya sensitif. Kata kunci: Bus Trans Jogja, studi kelayakan investasi, analisis sensitivitas

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 03 Sep 2019 02:58
Last Modified: 03 Sep 2019 02:58
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20893

Actions (login required)

View Item View Item