KAJIAN PENCEMARAN AIRTANAH DI DUSUN PAPRINGAN, DESA CATURTUNGGAL, KECAMATAN DEPOK, KABUPATEN SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Adenata, Gusti Muhammad Rivadha (2019) KAJIAN PENCEMARAN AIRTANAH DI DUSUN PAPRINGAN, DESA CATURTUNGGAL, KECAMATAN DEPOK, KABUPATEN SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (187kB) | Preview

Abstract

INTISARI Air merupakan salah satu unsur penting dalam kehidupan. Hampir seluruh kehidupan di dunia ini tidak terlepas dari adanya unsur air. Kualitas airtanah yang ada di alam berbeda – beda baik menurut ruang dan waktu terutama karena pengaruh aktifitas manusia, jenis batuan, karakteristik akuifer, topografi, dan juga penggunaan lahan. Pembangunan untuk kebutuhan tempat tinggal, perkantoran, tempat usaha, kos-kosan maupun apartment memiliki dampak yang berpengaruh terhadap kualitas airtanah. Aktivitas tersebut akan menimbulkan limbah yang akan menjadi permasalahan terhadap kualitas airtanah. Aktivitas dari sektor domestik maupun kegiatan usaha sering menimbulkan limbah yang tidak dikelola dan akan dapat menimbulkan potensi pencemaran airtanah yang biasa digunakan oleh masyarakat sekitar. Metode yang digunakan adalah survei dan pemetaan lapangan, metode yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah metode purposive sampling, metode indeks pencemaran digunakan untuk mencari nilai status mutu airtanah yang mengacu pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2001, metode evaluasi deskriptif digunakan untuk mengevaluasi seluruh hasil penelitian yang telah diukur. Perlu adanya pengelolaan limbah cair domestik agar tetap menjaga kualitas airtanah dengan membuat rancangan IPAL Komunal dengan sistem Biofilter Aerob-Anaerob. Berdasarkan dengan penentuan status mutu airtanah dengan menggunakan metode Indeks Pencemaran, status mutu airtanah berada pada kondisi baik pada delapan belas sampel. Limbah dari aktivitas masyarakat Dusun Papringan sebesar 775.948,8 m3/hari yang didapatkan dari jumlah penduduk Dusun papringan sebanyak 11.022 jiwa. Perencanaan sistem jarigan pipa ke IPAL Komunal akan dibuat dari topografi yang lebih tinggi menuju topografi yang lebih rendah (dari barat ke timur). Sistem penyaluran dalam jaringan pipa akan menggunakan gaya grafitasi sebagai penyalur limbah cair domestik tanpa menggunakan bantuan pompa menuju IPAL Komunal dengan kapasitas tampung 200 m3 untuk di bagian utara dan selatan lokasi penelitian dengan luas lahan yang akan digunakan 300 m2. Rekomendasi pengelolaan kualitas airtanah adalah perlu adanya penelitian lanjutan untuk parameter kimia maupun biologi airtanah, rancangan teknis secara detail (detail engineering design) untuk IPAL Komunal dengan sistem IPAL Biofilter Aerob-Anaerob. Kata Kunci: Kualitas Airtanah, Parameter Fisik Air, IPAL Komunal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 03 Sep 2019 02:45
Last Modified: 03 Sep 2019 02:45
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20891

Actions (login required)

View Item View Item