IDENTIFIKASI KERUSAKAN FORMASI PADA SUMUR “SOI” LAPANGAN “YOI” MENGGUNAKAN HASIL ANALISA DATA DARI PRESSURE BUILD UP TEST

NUGROHO, STEVANUS ADITYA RIZKY (2019) IDENTIFIKASI KERUSAKAN FORMASI PADA SUMUR “SOI” LAPANGAN “YOI” MENGGUNAKAN HASIL ANALISA DATA DARI PRESSURE BUILD UP TEST. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1 cover.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 Daftar Isi.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (192kB) | Preview

Abstract

Suatu pekerjaan yang didahulukan dengan pemboran pada zona produksi hingga selesai dan telah melalu tahap penyelesaian, maka uji sumur pun dapat memonitor keadaan sumur tersebut. Pada pengujian sumur ini bertujuan untuk mengetahui kinerja dari sumur minyak ataupun gas. Sebelum melakukan pengujian sumur ini sendiri harus menganalisa informasi sumur seperti informasi , gradient statik, tekanan pada perforasi temperatur formasi, temperatur di permukaan, aliran fluida (gas, minyak atau air), tekanan alir , tekanan alir di kepala sumur , kedalaman sumur , produktivitas indeks. Yang selanjutnya akan dilakukan pengujian awal hingga sumur tidak berproduksi lagi. Adapun data yang akan di dapat dari pengujian ini seperti permeabilitas fluida, tekanan reservoir,perbaikan formasi atau kerusakan formasi batas reservoir, potensi dan jenis fluida yang akan di dapatkan di dalam sumur. Pada dasarnya analisa Pressure Build – Up dilakukan pertama – tama dengan memproduksi sumur selama suatu selang waktu tertentu dengan laju aliran yang tetap (konstan), kemudian menutup sumur tersebut. Penutupan sumur ini menyebabkan naiknya tekanan yang dicatat sebagai fungsi waktu (tekananyang dicatat biasanya adalah tekanan dasar sumur). Tahapan – tahapan analisa Pressure Build – Up dengan metode Horner adalah persiapan data pendukung seperti data produksi (tp, qo, rw, Pwf), data reservoir (h, Ø), data PVT (μ, Bo, Ct), dan data PBU (Pws, t), kemudian membuat grafik log – log plot dengan plot Δt vs ΔP. Dari hasil plot tersebut dapat diperoleh nilai end of wellbore storage, dan terakhir membuat grafik semilog plot (Horner plot), dari hasil Horner plot dan end of wellbore storage diperoleh harga slope, P1jam dan P* yang akan digunakan untuk menghitung harga permeabilitas, skin, produktivitas indeks, dan flow efficiency. Hasil analisa Pressure Build – up test pada sumur “YOI” dengan metode Horner secara manual didapatkan harga skin = 49.56, permeabilitas (k) = 1808.78md. ΔPskin sebesar 250.2 Psi. Dimana formasi pada sumur SOI mempunyai nilai skin yang positif. Serta nilai Fe 0.14 sehingga dapat disipulkan formasi ini mengalami kerusakan.dan harus melkukan kerja stimulasi untuk meminilasir kerusakan formasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 29 Aug 2019 02:47
Last Modified: 29 Aug 2019 02:47
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20873

Actions (login required)

View Item View Item