PENGARUH PEMBERIAN MYCORRHIZA DAN BAHAN ORGANIK TERHADAP KETERSEDIAAN P TANAH BEKAS TAMBANG KAPUR DAN PERTUMBUHAN TANAMAN JAGUNG DI DESA KARANGDAWA, KABUPATEN TEGAL

Kholifani, Yuniar Irma (2019) PENGARUH PEMBERIAN MYCORRHIZA DAN BAHAN ORGANIK TERHADAP KETERSEDIAAN P TANAH BEKAS TAMBANG KAPUR DAN PERTUMBUHAN TANAMAN JAGUNG DI DESA KARANGDAWA, KABUPATEN TEGAL. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover Yuniar 134150136.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan - Yuniar 134150136.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak - Yuniar 134150136.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI- Yuniar 134150136.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Lahan bekas tambang kapur memilki kadar kalsium kabonat yang tinggi dan pH yang alkalis, kondisi ini menyebabkan ketersediaan P menjadi terbatas, sehingga perlu diberikan perlakuan berupa mycorrhiza dan bahan organik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dosis mycorrhiza dan macam bahan organik, serta kombinasi perlakuan yang terbaik dari interaksi berbagai dosis mycorrhiza dan macam bahan organik terhadap ketersediaan P pada tanah bekas tambang kapur dan pertumbuhan Jagung. Penelitian dilaksanakan di rumah kaca Taman Teknologi Pertanian Lebaksiu, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah pada Februari sampai Mei 2019. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dua faktor. Faktor pertama adalah dosis Mycorrhiza yaitu Tanpa Mycorrhiza (M0), Mycorrhiza 10 g/ pot (M1), dan Mycorrhiza 20 g/ pot (M2) . Faktor kedua adalah bahan organik yaitu tanpa bahan organic (B0), pupuk kandang sapi dosis 20 ton/ha (BS), seresah jagung dosis 20 ton/ha (BJ), dan seresah leguminosa (kacang) 20 ton/ha (BK). Masing-masing perlakuan diulang 3 kali, sehingga terdapat 36 unit satuan percobaan. Hasil percobaan dianalisis dengan Analisis of Variance. Jika perlakukan berpengaruh nyata maka diuji lanjut dengan Uji DMRT 5 % (Duncan Multiple Range Test). Pemberian dosis mycorrhiza berpengaruh nyata dalam meningkatkan C-Organik tanah, Kapasitas Pertukaran Kation (KPK), dan berat kering tanaman, namun tidak berpengaruh nyata terhadap P-Tersedia, Ca dan Mg dd. Pemberian berbagai jenis bahan organik berpengaruh nyata meningkatkan P-Tersedia, C-Organik tanah, KPK, tinggi tanaman, dan berat kering tanaman, serta menurunkan pH (H2O) tanah dan kadar Ca dd. Pemberian dosis mycorrhiza dan macam bahan organik berinteraksi dalam meningkatkan berat kering tanaman umur 6 MST . Kata Kunci : Bahan Organik, Mycorrhiza, Lahan Bekas Tambang Kapur, Ketersediaan P, Pertumbuhan Jagung.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 28 Aug 2019 02:46
Last Modified: 28 Aug 2019 02:46
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20859

Actions (login required)

View Item View Item