PENGARUH DOSIS AIR CUCIAN BERAS DAN DOSIS PUPUK NPK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN CABAI MERAH ( Capsicum annuum L. )

NUGROHO, RIO AGUNG (2019) PENGARUH DOSIS AIR CUCIAN BERAS DAN DOSIS PUPUK NPK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN CABAI MERAH ( Capsicum annuum L. ). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. print scan lembar pengesahan.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (195kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tanaman cabai merah (Capsicum annum L.) merupakan tanaman sayuran penting yang menjadi kebutuhan pokok karena banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Cabai merah adalah tanaman yang sangat populer di seluruh dunia. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh dosis air cucian beras dan dosis pupuk NPK. Penelitian ini dilaksanakan bulan Desember 2018 sampai bulan Februari 2019 di kebun Percobaan Wedomartani Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode percobaan lapangan yang disusun dengan Rancangan Acak Lengkap ( RAL ) Faktorial. Faktor pertama adalah dosis air cucian beras yang terdiri dari 3 level, yaitu P0 = 150 ml/tanaman , P1 = 300 ml/tanaman , P2 = 450 ml/tanaman. Faktor kedua adalah dosis pupuk NPK yang terdiri dari 3 level, yaitu N1 = 10g/tanaman , N2 = 15g/tanaman , N3 = 20g/tanaman. Terdapat 9 kombinasi perlakuan yang diulang sebanyak 3 kali, sehingga totalnya terdapat 27 unit percobaan, dan masing – masing unit percobaan terdiri dari 6 tanaman. Parameter yang diamati yaitu tinggi tanaman, diameter batang, bobot buah petanaman, jumlah buah pertanaman, panjang buah, dan diameter buah. Terdapat interaksi nyata antara kombinasi perlakuan dosis air cucian beras dengan dosis pupuk NPK, kombinasi N3P1 merupakan kombinasi perlakuan yang baik pada parameter tinggi tanaman dan diameter batang pada umur 4 MST. Air cucian beras yang difermentasikan dengan dosis 450 ml/tanaman ialah dosis yang paling baik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman cabai merah. NPK 20 g/tanaman merupakan dosis NPK yang paling baik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman cabai merah terutama pada parameter: tinggi tanaman, diameter batang, jumlah buah, bobot buah, dan panjang buah. Kata kunci : Cabai Merah, Air Cucian Beras, Pupuk NPK.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 28 Aug 2019 02:03
Last Modified: 28 Aug 2019 02:03
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20851

Actions (login required)

View Item View Item