USULAN PERBAIKAN PADA DEPARTEMEN PRODUKSI UNTUK MENGURANGI DEFECT DENGAN PENDEKATAN SIX SIGMA (Studi kasus di CV Dwi Jasa Logam Kabupaten Klaten)

Pratama F.A, Zicko (2019) USULAN PERBAIKAN PADA DEPARTEMEN PRODUKSI UNTUK MENGURANGI DEFECT DENGAN PENDEKATAN SIX SIGMA (Studi kasus di CV Dwi Jasa Logam Kabupaten Klaten). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (683kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

CV Dwi Jasa Logam merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pengecoran logam yang berlokasi di Ceper, Kabupaten Klaten. CV Dwi Jasa Logam memproduksi beberapa jenis part yang diperlukan dalam proses perakitan sebuah mesin molen. Hasil produksi pada perusahaan belum bisa memenuhi permintaan pasar. Hal tersebut membuat perusahaan dituntut untuk meningkatkan produktivitas Peningkatan produktivitas dapat dicapai dengan evaluasi dan perbaikan terus menerus pada proses produksinya maka perlu dilakukan analisa efektivitas pada departemen produksi untuk mengetahui permasalahan dan dapat memberikan usulan perbaikan. Metode yang dilakukan untuk menganalisis efektivitas pada departemen produksi yaitu dengan menggunakan metode Overall Equipment Effectiveness (OEE) yang bertujuan menganalisa dan mengidentifikasi tingkat availability, quality, performance sehinggan diketahui nilai efektivitas,. Selanjutnya diberikan usulan perbaikan menggunakan metode Failure Mode Effect Analysis (FMEA) bertujuan untuk menggurangi atau menghilangkan pemborosan serta peningkatan terus menerus. Kemudian menggunakan tahapan pada DMAIC yaitu Define, Measure, Analyze, Improve, dan Control Dari hasil penelitian analisis efektivitas diketahui bahwa nilai variabel yang paling rendah terjadi pada quality. Usulan perbaikan yang yang diberikan diantaranya meningkatkan pengawasan secara rutin agar meminimalisir kesalahan, dilakukan inspeksi secara rutin agar kualitas lebih terjaga, dilakukan pemilihan dan pemeriksaan material bahan baku disetiap tahapan sehingga pada saat proses produksi dan dilakukan pelatihan kepada operator mesin. Setelah dilakukan usulan perbaikan waste defect mengalami penurunan defect per million opportunities (DPMO) dari 7.849,92menjadi 5.521,160 sehingga terjadi peningkatan nilai sigma. Kata kunci : Overall Equipment Effectiveness, FMEA, DMAIC

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 27 Aug 2019 04:24
Last Modified: 27 Aug 2019 04:24
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20841

Actions (login required)

View Item View Item