GEOLOGI DAN HUBUNGAN-HUBUNGAN ANTARA CLEAT DAN GEOLOGI, HIDROGEOLOGI, SERTA KUALITAS LAPISAN BATUBARA DI DAERAH SUNGAI BUAYA, DESA BATUAH, KECAMATAN LOA JANAN, KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA, PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Arhananta, Arhananta (2019) GEOLOGI DAN HUBUNGAN-HUBUNGAN ANTARA CLEAT DAN GEOLOGI, HIDROGEOLOGI, SERTA KUALITAS LAPISAN BATUBARA DI DAERAH SUNGAI BUAYA, DESA BATUAH, KECAMATAN LOA JANAN, KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA, PROVINSI KALIMANTAN TIMUR. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover_Arhananta 111.150.121.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan_Arhananta 111.150.121.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak_Arhananta 111.150.121.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi_Arhananta 111.150.121.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

Daerah penelitian secara administratif berada pada Provinsi Kalimantan Timur. Secara geografis berdasarkan koordinat sistem Universal Transfer Mercator (UTM) WGS84 zona 50S dengan koordinat X max: 513300 m E X min: 509500 m E,Y max: 9913500 m S Y min: 9912000 m S. Metode penelitian yang dilakukan berupa studi pustaka pemetaan geologi permukaan, profil singkapan, pengukuran penampang stratigrafi terukur, pengamatan dan pengukuran struktur geologi, pengambilan data muka air tanah pengambilan sampel, analisis petrografi, analisis stereografis, dan menyusun model hubungan cleat dan geologi, cleat dan hidrogeologi, serta hubungan cleat dengan kulaitas batubara. Geomorfologi di daerah penelitian, berdasarkan analisis aspek-aspek geomorfologi, maka dapat dibagi menjadi enam satuan bentuk lahan, yaitu satuan bentuk lahan perbukitan terkikis, perbukitan lipatan, lahan hasil galian, dan lahan hasil timbunan. Stratigrafi daerah penelitian termasuk dalam Formasi Balikpapan yang terdiri atas dua satuan batuan, dari tua ke muda: satuan batupasir-kuarsa Balikpapan, satuan perselingan batupasir-batulempung Balikpapan. Pola struktur berarah Timurlaut-Baratdaya berupa kedudukan batuan dan sumbu lipatan, dijumpai kekar berpasangan dengan tegasan utama relatif Timurlaut-Baratdaya. Bersadasarkan pengamatan karakteristik cleat lapisan batubara, hubungan antara cleat dan geologi erat kaitannya dalam pengaruh litologi-stratigrafi dan struktur geologi terhadap geometri serta jarak antar cleat. Hubungan antara hidrogeologi dan cleat berkaitan dalam jenis akuifer serta arah aliran air tanah. Hubungan antara cleat dan kualitas lapisan batubara erat kaitannya dalam pengaruh geologi terhadap geometri serta jarak antar cleat yang berimplikasi pada rongga cleat sebagai tempat terbentuknya pirit (total sulfur) dan permeabilitas air tanah (surface moisture). Kata kunci: cleat, formasi Balikpapan, geologi, hidrogeologi, kualitas lapisan batubara.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 27 Aug 2019 03:49
Last Modified: 27 Aug 2019 03:49
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20835

Actions (login required)

View Item View Item