EVALUASI GROUND SUPPORT BERDASARKAN KLASIFIKASI MASSA BATUAN ROCK MASS INDEX DAN ROCK MASS RATING SERTA MENGGUNAKAN FINITE ELEMENT METHOD NUMERICAL MODELING PADA TAMBANG BAWAH TANAH KENCANA PT NUSA HALMAHERA MINERALS

UTAMA, RICHKY ADHIA (2019) EVALUASI GROUND SUPPORT BERDASARKAN KLASIFIKASI MASSA BATUAN ROCK MASS INDEX DAN ROCK MASS RATING SERTA MENGGUNAKAN FINITE ELEMENT METHOD NUMERICAL MODELING PADA TAMBANG BAWAH TANAH KENCANA PT NUSA HALMAHERA MINERALS. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (90kB) | Preview
[img] Text
1. Skripsi Full Richky Adhia Utama.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

PT. Nusa Halmahera Minerals (PT NHM) merupakan perusahaan tambang emas bawah tanah yang merupakan gabungan saham antara Newcrest Mining Limited 75% dan PT Antam Persero, Tbk 25%. Terletak di Kecamatan Kao, Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara. Penelitian dilakukan pada Tambang Bawah Tanah Kencana yang melakukan penambangan dengan metode Underhand Cut and Fill (UHCF) yang telah beroperasi sejak tahun 2005. Kegiatan penambangan bawah tanah akan selalu berkaitan pada masalah deformasi dan kestabilan massa batuan di sekitar lubang bukaan. Karakteristik massa batuan dan struktur geologi akan berpengaruh dalam penerapan ground support. Maka, untuk itu perlu dilakukan evaluasi terhadap penerapan rancangan ground support yang telah diterapkan pada lubang bukaan tersebut. Evaluasi yang digunakan adalah berdasarkan Rock Mass index (RMi) dan Rock Mass Rating (RMR). Kemudian dilakukan pemodelan numerik dengan Finite Element Method dikarenakan lubang bukaan memiliki bentuk yang tidak beraturan dan adanya struktur geologi, sifat-sifat massa batuan yang dikaji sangat beragam. Penelitian dilakukan di lokasi K1 SUB 2B UC1 S OD03 dan KN-EXP DRIVE. Batuan yang terdapat pada lokasi penelitian memiliki kelas massa batuan berdasarkan RMi adalah moderate, dengan kebutuhan Rock Bolt jenis splitset berjumlah 11 buah dan 9 buah, ketebalan shotcrete 100 mm dan 60 mm, sedangkan berdasarkan RMR memiliki kelas fair rock hingga good rock, dengan kebutuhan Rock Bolt jenis splitset berjumlah 15 buah dan ketebalan shotcrete 75 mm. Kemudian berdasarkan Finite Element Method dan Kriteria Keruntuhan Mohr Coloumb dengan Faktor Kemanan pada atap dan dinding terendah untuk lokasi K1 SUB 2B UC 1 S OD03 adalah 1,30 dan untuk lokasi KN-EXP DRIVE adalah 1,91 dalam penggunaan ground support berdasarkan RMi dan RMR. Ground Support yang telah diterapkan oleh PT Nusa Halmahera Minerals berdasarkan RMR dinilai sudah tepat sesuai kondisi massa batuan, tetapi secara umum dilihat dari kebutuhan pemodelan ground support dan zona yield, serta total displacement dari lubang bukaan, Klasifikasi RMi lebih efektif dari segi penggunaan serta efisien dari segi kebutuhan ground support.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 27 Aug 2019 03:41
Last Modified: 27 Aug 2019 03:41
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20833

Actions (login required)

View Item View Item