Pembelajaran Pemberdayaan Usaha Mikro Oleh Mahasiswa KKN Pola Pemberdayaan One Village One Product

NAMA, I KETUT and Kusmantini, Titik and Muafi, Muafi (2010) Pembelajaran Pemberdayaan Usaha Mikro Oleh Mahasiswa KKN Pola Pemberdayaan One Village One Product. Prosiding Seminar Nasional VI. pp. 111-127. ISSN 978-979-1334-29-7

[img]
Preview
Text
Pembelajaran Pemberdayaan Usaha Mikro Oleh Mahasiswa KKN Pola Pemberdayaan One Village One Product.pdf

Download (490kB) | Preview

Abstract

Tulisan tersebut merupakan kajian peneliti (atau pengusul terna KKN PPM) atas hasil pelaksanaan program KKN PPM yang dilakukan oleh mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta angkatan 45 tahun 2009. Tema penribelajaran rna.hsswa dalam upaya pernberdayaan usaha mikro di kecamatan Bayat kabupaten Klaten (khususnya desa Jarum dan Jambakan) adaiah program pembinaan kualitas mAnajernen bagi keIompok usaha mandiri (KUM) berbass OVOP (pemberdayaan wilayah berbasis pola satu desa satu produk). Dalam proses peningkatan kualitas manajemen, kegiatan awal yang perlu dilakukan mahasiswa KKN adalah metakukan pemetaan potensi desa, identfikasi kendala ba4( kendala manajerial ataupun non manajerial. Kegiatan need and assesrnent perlu dilakukan, karena dengan mekukan pernetaan wilayah maka akan leridentifikasi kondis awal suatu wilayah sebagai baseline sebelum dilakukan pemberdayaan lebih lanjut. Hasil petaksanaan program-orogram KKN adalah mampu mengidentifikasi potensi produk batik sebagai produk unggulan desa Jarum dan produk tenun ATBM sebagai produk ungguian desa Jambakan. Beberapa kendala juga teridentifikasi dan tetah dilakukan upaya pemberdayaan untuk meningkatkan kualitas praktik manajemen antara lain melalui program: sosalisasi brand awareness, sosialisasi tata cara peroleh SIUP, penyuluhan pembukuan sederhana, praktik manajemen berbasis komputer, pelatihan pernbukuan sederhana, petatihan self mofivation dan kesadaran rnembentuk kelomook usaha berbasis homogenikas usaha. Untuk mengkaji hasil laporan KKN PPM maka periu ana1isis faktor-faktor lingkungan baik lingkungan internal dan eksternal yang dapat berpergaruh pada kesuksesan prospek produk unggulan. Rekomendasi strategi dihasiikan dengan menggunakan teknik analisis matrik SWOT. Teridentffikasi 4 alternatif strategi yang dapat diimplernentasikan oleh pengrajin batik ataupun tenun ATBM.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: OVOP, KKN PPM, Pemetaan wilayah: Kulaitas Manajemen: KUM (Kelompok Usaha Mandiri).
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Dr.SE,MSi Titik Kusmantini
Date Deposited: 09 Sep 2019 08:11
Last Modified: 09 Sep 2019 08:11
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20804

Actions (login required)

View Item View Item