LITOFASIES FORMASI BRANI DAN SANGKAREWANG DAERAH SARUASO DAN SEKITARNYA, KECAMATAN TANJUNG EMAS, KABUPATEN TANAH DATAR, PROVINSI SUMATRA BARAT

Aziz, Muhammad Luthfi (2019) LITOFASIES FORMASI BRANI DAN SANGKAREWANG DAERAH SARUASO DAN SEKITARNYA, KECAMATAN TANJUNG EMAS, KABUPATEN TANAH DATAR, PROVINSI SUMATRA BARAT. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Secara geografis daerah penelitian terletak pada koordinat (UTM-WGS 84 Zona 47S) 681400-687000 mT dan 9948500-9952500 mU. Sedangkan secara administratif daerah penelitian masuk ke dalam Desa Saruaso, Kecamatan Tanjung Emas, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatra Barat. Berdasarkan analisis aspek-aspek geomorfologi, bentuk lahan daerah penelitian dibagi menjadi 2 satuan, antara lain Satuan Bentuk Lahan Perbukitan Struktural (S1) dan Lembah Struktural (S2). Stratigrafi daerah penelitian dapat dibagi menjadi 4 satuan dari tua ke muda, antara lain satuan granit Solok yang berumur Triassic, satuan breksi Brani, satuan batupasir Sangkarewang, dan satuan batuserpih Sangkarewang yang berumur Paleosen. Hubungan stratigrafi satuan granit Solok dan aatuan breksi Brani yaitu kontak struktur dan ketidakselarasan Nonconformity. Hubungan satuan breksi Brani dan satuan batupasir Sangkarewang yaitu selaras menjari. Hubungan satuan batupasir Sangkarewang dan satuan batuserpih Sangkarewang yaitu selaras menjari. Struktur yang berkembang pada daerah penelitian berupa kekar, sesar, dan lipatan. Terdapat kekar dengan tegasan selatif timurlaut-baratdaya dan utara timur laut dan selatan barat daya. Terdapat 3 sesar pada daerah penelitian yaitu sesar Kubang Landai dengan nama Right Slip fault, sesar Koto Tangah dengan nama Normal Right Slip Fault, penamaan menurut klasifikasi Rickard, 1972, dan sesar turun Kubang Landai. Terdapat lipatan sinklin yaitu lipatan Kubang Landai dengan nama Steeply Inclined Horizontal Fold, dengan penamaan menurut klasifikasi Fluety, 1964. Lingkungan pengendapan pada daerah penelitian berada pada subaerial fan, subaquoeus fan delta, dan offshore lacustrine yang ditentukan berdasarkan analisis litofasies dan asosiasi litofasies. Lingkungan pengendapan pada Formasi Brani yaitu : satuan breksi Brani pada lingkungan subaerial fan, sedangkan lingkungan pengendapan Formasi Sangkarewang yaiut : satuan batupasir Sangkarewang pada lingkungan subaerial fan dan subaquoeus fan delta, dan satuan batuserpih Sangkarewang pada lingkungan offshore lacustrine. Kata Kunci : Geologi, Analisis Litofasies, Lingkungan Pengendapan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 22 Aug 2019 02:38
Last Modified: 22 Aug 2019 02:38
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20791

Actions (login required)

View Item View Item