GEOLOGI DAN RENCANA PRODUKSI BATUBARA SEAM SN, B2, DAN BN, DAERAH BENDILI, SANGATTA, KAB. KUTAI TIMUR, PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

SINULINGGA, NAFTALY DEBORA OLIVINE (2019) GEOLOGI DAN RENCANA PRODUKSI BATUBARA SEAM SN, B2, DAN BN, DAERAH BENDILI, SANGATTA, KAB. KUTAI TIMUR, PROVINSI KALIMANTAN TIMUR. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (384kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216MB)

Abstract

Daerah telitian berada di daerah konsesi PT. Kaltim Prima Coal, yang secara administratif terletak di daerah Bendili, Kecamatan Sangatta, Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur. Secara morfologi, dilihat dari topografi dan aspek – aspek yang mengontrolnya, daerah penelitian merupakan lahan pertambangan aktif. Secara stratigrafi, daerah telitian termasuk dalam Cekungan Kutai, berupa Formasi Balikpapan sebagai formasi pembawa batubara menurut berumur Miosen Tengah – Miosen Akhir. Formasi ini didominasi litologi batulempung, batupasir, batulempung karbonan, batulanau serta keterdapatan lapisan-lapisan batubara (seam). Secara litostratigrafi tak resmi pada daerah penelitian tersusun atas satuan batulempung Balikpapan, satuan batulempung perselingan batupasir Balikpapan, dan material timbunan dengan lingkungan pengendapan di Delta Plain. Struktur Geologi yang berkembang di daerah penelitian berupa sesar normal kiri yang berarah timur laut – barat daya. Sebaran lapisan batubara di daerah penelitian dari tua ke muda, yaitu seam BN, seam B2, dan seam SN. Berdasarkan hasil analisis kimia, batubara daerah telitian memiliki rata-rata kadar ash sebesar 1,63%, sulfur sebesar 0,543% dan kalori sebesar 7167,3 kcal/kg. Hubungan geologi dengan rencana produksi daerah penelitian dapat terlihat jelas dari kondisi geologi lapisan penutup dan lapisan batubara untuk merencanakan pengupasan dan penambangan yang disesuaikan dengan alat – alat berat yang akan digunakan, antara lain arah persebaran lapisan-lapisan batubara sehingga dapat diketahui arah penggaliannya secara umum adalah dari timur ke arah barat, lapisan penutup yang cukup keras sehingga perlu dilakukan peledakan ketika proses pengupasan agar dapat digunakan alat berat secara produktif, dan perlu diperhatikan keberadaan dan ketebalan interburden/parting pada saat penambangan karena dapat mempengaruhi nilai kualitas batubara yang akan ditambang. Kata kunci: Batubara, delta plain, Kubah Pinang, kualitas, overburden, rencana produksi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Geography
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 21 Aug 2019 06:26
Last Modified: 21 Aug 2019 06:26
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20780

Actions (login required)

View Item View Item