IDENTIFIKASI DAN PERMODELAN FASIES LAPISAN “AB5 – AB6”, FORMASI AIRBENAKAT, PADA LAPANGAN MERUAP, CEKUNGAN SUMATRA SELATAN, KABUPATEN SAROLANGUN, PROVINSI JAMBI

RIZALDY, SATRIA MAULANA (2019) IDENTIFIKASI DAN PERMODELAN FASIES LAPISAN “AB5 – AB6”, FORMASI AIRBENAKAT, PADA LAPANGAN MERUAP, CEKUNGAN SUMATRA SELATAN, KABUPATEN SAROLANGUN, PROVINSI JAMBI. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (205kB) | Preview

Abstract

Hidrokarbon adalah salah satu sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dan memiliki peranan yang penting dalam kehidupan manusia. Sifat inilah yang menyebabkan diperlukannya usaha untuk menemukan cadangan hidrokarbon oleh perusahaan minyak dan gas agar dapat memenuhi kebutuhan hidrokarbon yang terus meningkat. Penelitian ini dilakukan pada salah satu lapangan gas milik PT. KSO Pertamina EP – Samudra Energy BWP Meruap, yaitu Lapangan Meruap yang berlokasi di Cekungan Sumatra Selatan, Sumatra Selatan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dan kuantitatif dengan cara mengintegrasikan data sumur berupa wireline logs dan data report well. Fokus penelitian ini terlertak pada Interval marker Ab5-d1 – Ab5-a, Formasi Airbenakat yang diendapkan pada lingkungan tidal sand bar, tidal mud flat dan distributary channel channel yang masuk ke dalam lower delta plain dominasi tidal. Struktur geologi yang berkembang adalah antiklin dan sesar-sesar berarah baratlaut – tenggara. Peta prosentase persebaran berguna untuk membantu membuat permodelan 3D tiap zona daerah penelitian yang bisa dijadikan sejarah geologi dan mendapatkan hasil lingkungan pengendapan lower delta plain dominasi tidal dengan persebaran distributary channel yang berarah baratlaut-utara hingga tenggara yang berlitologi dominan batupasir sedang - kasar. Disekitar distributary channel terdapat endapan tidal sand bar dengan litologi batupasir halus – sedang dan batulempung. Pada endapan tidal mud flat berlitologi batu lempung yang tebal dengan pengendapan dikelilingi oleh tidal sand bar. Kata kunci: Hidrokarbon, Cekungan Sumatra Selatan, Formasi Airbenakat, Permodelan 3D, Fasies, Delta.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 15 Aug 2019 06:51
Last Modified: 15 Aug 2019 06:51
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20745

Actions (login required)

View Item View Item