RANCANGAN TEKNIS PENAMBANGAN BATUBARA, DI PIT 5 PT CITRA MANDIRI SUKSES BERSAMATAMA IUP PT HARINDO WAHANA KECAMATAN TERING KUTAI BARAT KALIMANTAN TIMUR

PURWOKO, BASKORO ADI (2019) RANCANGAN TEKNIS PENAMBANGAN BATUBARA, DI PIT 5 PT CITRA MANDIRI SUKSES BERSAMATAMA IUP PT HARINDO WAHANA KECAMATAN TERING KUTAI BARAT KALIMANTAN TIMUR. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.Pengesahan.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

PT. Citra Mandiri Sukses Bersamatama (PT. CMSB) merupakan perusahaan konsultan yang bekerja di Site PT. Harindo Wahana pemegang Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B) yang memiliki luas daerah penambangan sebesar 100 Ha dengan menggunakan sistem tambang terubuka metode strip mine. Kebutuhan batubara yang terus meningkat membuat PT. CMSB akan membuka pit baru. Permasalahan pada penelitian ini adalah PT. CMSB perlu dilakukannya suatu perancangan penambangan yang meliputi perancangan kemajuan tambang dengan target 30.000 ton/bulan, perancangan jalan tambang, dan perancangan disposal area. Tujuan penelitian untuk membuat penjadwalan produksi dan rancangan penambangan batubara perbulan untuk mendekati target produksi batubara sebesar 30.000 ton dengan batasan nilai overall stripping ratio penambangan batubara sebesar 4 : 1 pada pit 5 PT CMSB, membuat rancangan paritan jalan tambang untuk mencegah terjadinya genangan air pada jalan tambang pit 5 PT CMSB dan membuat rancangan kolam pengendapan untuk mencegah air asam tambang pada disposal area PT CMSB. Data yang diambil berupa data topografi rencana lokasi penambangan, data curah hujan, data perhitungan cadangan, serta mencari data yang berkaitan dengan penelitian dan diolah dengan software Minescape 4.1.1.8 dan Autocad. Kondisi topografi yang tidak merata maka perlu dilakukan penjadwalan penambangan agar sesuai dengan batasan stripping ratio yang ditetapkan yaitu 4:1 dengan hasil pada bulan pertama sebesar 38.626 ton batubara, bulan kedua sebesar 28.163 ton batubara, bulan ke tiga sebesar 32.432 ton batubara, bulan keempat sebesar 39.232 ton batubara, bulan kelima sebesar 30.975 ton batubara, dan bulan keenam sebesar 5.268 ton batubara. Jalan tambang yang dirancang memungkinkan untuk terjadinya genangan air disebabkan curah hujan yang tinggi, maka diperlukannya rancangan saluran terbuka dengan tinggi saluran basah sebesar 0,016 m, lebar saluran dasar sebesar 0,018m, dan lebar saluran atas sebesar 0,67 m pada jalan tambang. Disposal area pasti dapat menyebabkan air asam tambang dikarenakan air hujan tercampur dengan material pada disposal area, maka dari itu perlu dilakukan rancangan kolam pengendapan yang berisi 3 kompartemen dengan lebar 6 m, panjang 15 m dan kedalaman 3m agar air yang keluar dari disposal area tidak mencemari lingkungan. Pelaksanaan rancangan penambangan yang telah dibuat, maka perlu dilakukan pemantauan di lapangan untuk membandingkan simulasi yang telah dibuat dengan tampak asli di lapangan. Jalan tambang perlu dilakukan pemantauan jalan tambang agar kondisi jalan tetap terjaga dan tidak menimbulkan kecelakaan pada jalan tambang. Lokasi disposal area perlu dilakukan pemantauan untuk air asam tambang agar sesuai dengan standar air yang tidak mencemari lingkungan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 14 Aug 2019 06:20
Last Modified: 14 Aug 2019 06:20
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20737

Actions (login required)

View Item View Item