LAYANAN INFORMASI PENDAFTARAN PENDAMPINGAN AGAMA ISLAM (PAI) DI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN METODOLOGI AGILE UNIFIED PROCESS

Jemono, Jemono (2019) LAYANAN INFORMASI PENDAFTARAN PENDAMPINGAN AGAMA ISLAM (PAI) DI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN METODOLOGI AGILE UNIFIED PROCESS. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER_123120001_JEMONO.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN PEMBIMBING_123120001_JEMONO.pdf

Download (815kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_123120001_JEMONO.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_123120001_JEMONO.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Pendampingan Agama Islam ( PAI ) merupakan salah satu kegiatan kokulikuler di Universitas Negeri Yogyakarta. Pendampingan Agama Islam memiliki kegiatan berupa kegiatan tutorial. Penelitian dengan judul “Layanan Informasi Pendaftaran Agama Islam di Universitas Negeri Yogyakarta Berbasis Mobile dengan Menggunakan Metode Agile Unified Process”, memiliki rumusan masalah bagaimana membuat layanan informasi pendaftaran pendampingan agama Islam berbasis mobile dengan menggunakan metodologi agile unified proces. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan layanan informasi pendaftaran PAI berbasis mobile yang sebelumnya manual menjadi lebih praktis guna meningkatkan efektivitas dan fleksibilitas. Penelitian ini menggunakan metode agile unified process. Garis besar tahapan analisa dan perancangannya terdiri dari inception, elaboration, construction, dan transition. Metode ini memiliki kelebihan yaitu meningkatkan rasio kepuasan pelanggan, bisa melakukan review mengenai software yang dibuat lebih awal, dan mengurangi resiko kegagalan implementasi software. Landasan teori yang digunakan adalah teori informasi, website, smartphone, agile unified process, UML, client server, PHP, react native, dan android studio. Berdasarkan analisa yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa telah dihasilkan suatu layanan pendaftaran PAI untuk mahasiswa baru UNY. Layanan ini digunakan tiga pengguna yaitu admin yang mengolah data yang diperlukan untuk mengatur semua aktifitas tutorial, tutor yang memberikan nilai dan memberikan tutorial sesuai jadwal serta user yang dapat melakukan memilih tutor dan hari tutorial berdasarkan jadwal yang telah diinputkan oleh admin. Selain itu, layanan ini juga memberikan kemudahan bagi admin dalam merekap data mahasiswa yang mengikuti tutorial dan manfaat bagi user adalah lebih mudah menerima semua informasi tutorial kapan pun dan dimana pun. Kata Kunci : PAI UNY, Agile Unified Process, Mobile, Web.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 14 Aug 2019 03:07
Last Modified: 14 Aug 2019 03:07
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20730

Actions (login required)

View Item View Item