PRATIKSA, DOMINIKUS ADE TRIO (2019) KAJIAN TEKNIS PENGARUH KEMIRINGAN JALAN ANGKUT TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR TRUK JUNGKIT PADA PENGUPASAN LAPISAN PENUTUP DI TAMBANG BATUBARA PT. SATRIA BAHANA SARANA TANJUNG ENIM SUMATERA SELATAN. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.
Preview |
Text
RINGKASAN.pdf Download (408kB) | Preview |
Preview |
Text
Lembar Pengasahan.pdf Download (317kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (324kB) | Preview |
Preview |
Text
COVER & PENGESAHAN.pdf Download (306kB) | Preview |
Abstract
PT. Satria Bahana Sarana merupakan salah satu kontraktor penambangan
batubara dibawah PT. Bukit Asam Tbk. Sistem Penambangan yang digunakan
adalah Strip Mine. Kegiatan pengupasan lapisan penutup (overburden) dilakukan
dengan menggunakan kombinasi alat gali – muat Komatsu PC 2000 dengan truk
jungkit Komatsu 785-7, serta kombinasi alat gali – muat Liebherr R9100 dengan
truk jungkit Caterpillar 777-E. Jarak pengangkutan menuju disposal untuk
loading point I, II, dan III adalah 3,03 km, 3,22 km, dan 2,00 km.
Permasalahan yang muncul adalah adanya rasio bahan bakar berlebih pada
pengupasan lapisan penutup yang melebihi acuan penggunaan 0,80 l/BCM pada
truk jungkit Komatsu HD 785-7 dan Caterpillar 777-E. Hal yang berpengaruh
pada tingkat konsumsi bahan bakar adalah kemiringan jalan angkut, beban kerja
alat, geometri, amblasan jalan angkut dan jarak tempuh pengangkutan lapisan
penutup menuju disposal. Berdasarkan pengamatan kondisi kerja aktual, terdapat
kemiringan jalan angkut yang melebihi acuan perusahaan yaitu 8% dan kondisi
jalan angkut yang masih memiliki amblasan lebih dari 5 cm (medium severity).
Metode evaluasi yang dilakukan yaitu dengan cara menganalisis pengaruh
kondisi jalan angkut terhadap meningkatnya rasio bahan bakar truk jungkit. Untuk
konsumsi bahan bakar dan produksi aktual truk jungkit Komatsu HD 785-7 pada
armada pertama dan armada kedua adalah 64,38 l/jam dan 67,55 BCM/jam serta
67,75 l/jam dan 65,88 BCM/jam, sedangkan untuk Caterpillar 777-E di armada
ketiga adalah 57,45 l/jam dan 65,10 BCM/jam. Sehingga rasio bahan bakar aktual
saat ini di armada pertama, kedua, dan ketiga adalah 0,95 l/BCM, 1,03 l/BCM,
dan 0,88 l/BCM.
Konsumsi bahan bakar truk jungkit Komatsu HD 785-7 di armada pertama,
armada kedua dan Caterpillar 777-E di armada ketiga berdasarkan perhitungan
rimpull yaitu sebesar 61,82 l/jam, 66,70 l/jam dan 54,94 l/jam. Produksi teori
berdasarkan pengamatan waktu edar sebesar 70,55 BCM/jam, 67,48 BCM/jam,
dan 67,74 BCM/jam.
Setelah dilakukan perbaikan kemiringan jalan angkut yang disesuaikan
dengan acuan perusahaan ≤ 8% dan kondisi jalan angkut pada medium severity
condition atau amblasan roda tidak lebih dari 5 cm pada permukaan jalan angkut
sehingga bahan bakar dan produksi truk jungkit Komatsu HD 785-7 di armada
pertama dan armada kedua adalah 58,11 l/jam dan 76,68 BCM/jam serta 57,79
l/jam dan 73,61 BCM/jam, sedangkan untuk Caterpillar 777-E adalah 50,13 l/jam
dan 73,94 BCM/jam. Sehingga rasio bahan bakar di armada pertama, kedua, dan
ketiga menjadi 0,76 l/BCM, 0,79 l/BCM, dan 0,68 l/BCM
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | x. Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 12 Aug 2019 06:48 |
Last Modified: | 12 Aug 2019 06:48 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20712 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |