PENERAPAN ADAPTIVE THRESHOLDING DALAM MENDETEKSI RETINOPATI DIABETIK PADA CITRA FUNDUS RETINA DENGAN CITRA DIGITAL (Poliklinik Mata Rumah Sakit Umum Daerah Raden Mattaher Kota Jambi)

Wardani, Septian (2019) PENERAPAN ADAPTIVE THRESHOLDING DALAM MENDETEKSI RETINOPATI DIABETIK PADA CITRA FUNDUS RETINA DENGAN CITRA DIGITAL (Poliklinik Mata Rumah Sakit Umum Daerah Raden Mattaher Kota Jambi). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER_123140038_Septian Wardani.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan Pembimbing_123140038_Septian Wardani.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_123140038_Septian Wardani.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi_123140038_Septian Wardani.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan Penguji_123140038_Septian Wardani.pdf

Download (493kB) | Preview

Abstract

Retinopati diabetik adalah salah satu akibat spesifikasi dari komplikasi diabetes melitus akibat berjalan lamanya seorang pasien menderita diabetes militus. Retinopati diabetik memiliki dua fase tingkat keparahan yaitu Non-Proliferative Diabetic Retinopathy (NPDR), dan Proliferative Diabetic Retinopathy (PDR). Poliklinik mata Rumah Sakit Umum Daerah Raden Mattaher Kota Jambi merupakan salah satu rumah sakit yang pernah merawat pasien retinopati diabetik. Sampai saat ini di Poliklinik mata RSUD Raden Mattaher Kota Jambi belum ada pengecekan secara dini untuk seseorang yang menderita retinopati diabetik maupun diabetes dan biasanya seorang pasien melakukan pengecekan mata tidak melakukan pengecekan diabetes. Seorang pasien yang melakukan cek diabetes hanya ketika telah menderita gejala yang pasti seperti luka yang lama sembuhnya atau sering mengalami infeksi. Didalam penelitia ini digunakan adaptive thresholding untuk menganalisis pembuluh darah sehingga mendapatkan informasi perubahan yang terjadi pada pembuluh darah pada citra fundus retina. Adaptive Thresholding adalah metode segmentasi citra dengan proses mengubah citra derajat keabuan menjadi citra biner yaitu hitam dan putih untuk melihat daerah objek dan background dari sebuah citra secara jelas. Berdasarkan hasil penelitian adaptive thresholding berperan baik pada proses segmentasi dalam menghilangkan background pada citra fundus retina. Dalam peneltian ini juga menggunakan image matching untuk membandingkan data training dan data test. Hasil pengujian menggunakan alfha test dan beta test. Hasil alfha test responden memberikan jawaban sangat baik sebanyak 67 jawaban, baik 94 jawaban, cukup baik 9 jawaban, kurang baik 0 jawaban, dan sangat kurang baik 0 jawaban. Hasil beta test responden memberikan jawaban sebanyak 11 jawaban, setuju 29 jawaban, cukup setuju 0 jawaban, kurang setuju 0 jawaban, dan sangat kurang setuju 0 jawaban. Kata Kunci: Retinopati diabetik, Adaptive Thresholding, Image Matching, Citra Fundus Retina

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: S.IP NURUL ALIFAH RAHMAWATI
Date Deposited: 06 Aug 2019 07:27
Last Modified: 06 Aug 2019 07:27
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20657

Actions (login required)

View Item View Item