EVALUASI PENYEBAB TERJADINYA CASING COLLAPSE PADA CASING PRODUKSI 13 3/8” PADA SUMUR “NAHARA-2” LAPANGAN PANAS BUMI HULULAIS

SURYANDONO, JODY NUGRAHADI (2019) EVALUASI PENYEBAB TERJADINYA CASING COLLAPSE PADA CASING PRODUKSI 13 3/8” PADA SUMUR “NAHARA-2” LAPANGAN PANAS BUMI HULULAIS. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Halaman Pengesahan.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (328kB) | Preview

Abstract

Perencanaan casing dalam suatu kegiatan pemboran merupakan salah satu aspek yang penting, hal ini disebabkan karena casing yang dipasang harus selalu mampu mampu menjaga ketahanan dan faktor keamanan sumur, baik selama kegiatan pemboran berlangsung maupun pada saat masa produksi. Dalam studi yang berjudul ”Evaluasi Penyebab Terjadinya Casing Collapse Pada Casing Produksi 13 3/8” Pada Sumur “Nahara-2” Lapangan Panas Bumi Hululais” terjadi masalah collapse pada trayek produksi yang diduga diakibatkan oleh kurang tepatnya pemilihan grade casing dan adanya water trapped yang terjadi karena ada refill top job sebelumnya. Pada Casing produksi tersebut terjadi collapse yang awalnya ditandai dengan terjepitnya alat sinker bar pada kedalaman 110 ftTVD dan terjadinya penurunan produksi pada sumur tersebut. Adanya temperatur yang tinggi akan mengakibatkan penurunan kekuatan pada casing sehingga penurunan kekuatan casing harus diperhitungkan pada saat melakukan desain casing agar mampu menahan beban dan tekanan yang dihadapi sehingga tidak akan terjadi problem seperti Casing Collapse. Metodologi penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data lithologi, tekanan, temperatur, profil sumur, dan data casing yang didapatkan dari daily drilling report dan final well report sumur “Nahara-2”, kemudian melakukan evaluasi casing setting depth pada sumur tersebut menggunakan metode New Zealand 1991, menentukan desain casing yang paling sesuai untuk menghadapi beban dan tekanan yang terjadi menggunakan metode Maximum Load Method dan metode beban thermal, melakukan analisa tekanan water trapped pada casing 13 3/8”, dan yang terakhir merekomendasikan grade casing dan solusi yang paling efektif untuk masalah Collapse pada Sumur Nahara-2. Setelah dilakukan perhitungan dari parameter-parameter yang dicari, didapatkan bahwa beban collapse production casing 13 3/8” berada dibawah safety factor (tidak aman) apabila terpapar dengan temperatur maksimum maupun temperatur yang sekarang dengan nilai desain faktor sebesar 0.75248 (Safety Factor = 1.2), dan kemudian tekanan yang diakibatkan oleh water trapped adalah penyebab terbesar dibandingkan parameter lainnya dengan nilai tekanan sebesar 5.684 psi sedangkan collapse rating dari casing yang digunakan (13 3/8” L80 72 PPF) adalah 2670 psi sehingga menyebabkan terjadinya collapse yang terjadi pada casing 13 3/8” sumur “Nahara-2” lapangan panas bumi Hululais. Solusi yang dapat dilakukan untuk menghadapi masalah ini yaitu melakukan squeze cementing pada trayek yang mengalami casing collapse, atau dapat menggunakan casing dengan ukuran yang lebih kecil dari casing produksi yaitu casing 10 3/4” L80 55.5 ppf.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: S.IP NURUL ALIFAH RAHMAWATI
Date Deposited: 06 Aug 2019 03:34
Last Modified: 06 Aug 2019 03:34
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20652

Actions (login required)

View Item View Item