AKUISISI DAN KATEGORISASI INFORMASI PENJUALAN SEPATU ONLINE DARI SITUS E-COMMERCE MENGGUNAKAN ALGORITMA DEPTH FIRST CRAWLING DAN NATURAL LANGUAGE PROCESSING TOOLS

Utari, Hilda Dwi (2019) AKUISISI DAN KATEGORISASI INFORMASI PENJUALAN SEPATU ONLINE DARI SITUS E-COMMERCE MENGGUNAKAN ALGORITMA DEPTH FIRST CRAWLING DAN NATURAL LANGUAGE PROCESSING TOOLS. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of COVER_123150046_HILDA DWI UTARI.pdf]
Preview
Text
COVER_123150046_HILDA DWI UTARI.pdf

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN PEMBIMBING 2.pdf]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN PEMBIMBING 2.pdf

Download (477kB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN PENGUJI.pdf]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN PENGUJI.pdf

Download (493kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK_123150046_HILDA DWI UTARI.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK_123150046_HILDA DWI UTARI.pdf

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI_123150046_HILDA DWI UTARI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI_123150046_HILDA DWI UTARI.pdf

Download (61kB) | Preview

Abstract

Sepatu merupakan salah satu kebutuhan sandang manusia. Seperti halnya pakaian,
penggunaan sepatu juga harus melihat tempat kegiatan, dan kategori (model/jenis sepatu).
Untuk membeli sepatu terjadi perubahan aktivitas dan gaya hidup manusia dalam pembelian
sepatu. Teknologi Internet menggeser pola belanja masyarakat di Indonesia, sebelumnya
belanja atau membeli sepatu di toko secara langsung, sekarang sudah dimudahkan dengan
adanya e-commerce yang dapat membuat masyarakat berbelanja secara online. Tidak semua
sepatu memiliki gerai atau toko online sendiri, sehingga mereka menjualnya lewat platform
Shopee, Lazada Indonesia, Bukalapak, Tokopedia dsb.
Perkembangan e-commerce yang semakin pesat menyebabkan manusia untuk
meminta atau mendapatkan servis yang lebih. Seperti halnya mencari sebuah sepatu lewat
shopee dengan bukalapak tentunya berbeda harga dan output yang ditampilkan. Maka dari
itu dibutuhkan sebuah web service yang mengumpulkan data-data dari web e-commerce.
Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data-data dari web adalah crawling. Crawling
akan mengambil data sesuai dengan URL dan kata kunci. Web yang akan di crawling yaitu
Shopee, Bukalapak, dan Lazada Indonesia. Algoritma yang dipakai untuk proses
penelusuran pada studi kasus crawling yaitu Algoritma Depth First Crawling. Algoritma ini
akan melakukan penelusuran data secara mendalam pada satu link website sampai berhasil
menemukan data sesuai kata kunci kemudian menelusuri pada link website berikutnya. Pada
proses crawling memanfaatkan library CURL pada PHP untuk mengunjungi halaman
sebuah website dan Reguler Expression untuk parsing data atau pengambilan data yang
dibutuhkan. Setelah mendapatkan data, selanjutnya melakukan proses kategorisasi
menggunakan library natural processing tools. Data yang akan dikategorikan yaitu
berdasarkan pria, wanita, dan general.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu aplikasi web service ini mampu menampilkan
data-data sepatu dari tiga e-commerce sekaligus tanpa harus mengunjungi website secommerce
satu
persatu
menggunakan
teknik
crawling
dan
algoritma
depth
first
crawling.

Rata-rata

waktu yang diperlukan untuk melakukan penelusuran dari algoritma depth first
crawling yaitu 15,70 detik. Proses kategorisasi menggunakan library natural language
processing tools mendapatkan akurasi 96.35.

Kata kunci : Sepatu, E-commerce, Web Service, Crawling, Algoritma depth first crawling,
CURL, Reguler Expression, Natural Language Processing Tools.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: x. Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 05 Aug 2019 08:03
Last Modified: 05 Aug 2019 08:03
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20638

Actions (login required)

View Item View Item