PENGARUH JUMLAH RUAS DAN KONSENTRASI ZAT PENGATUR TUMBUH ROOTONE-F TERHADAP PERTUMBUHAN STEK TANAMAN LADA (Piper nigrum L.)

BASTEN, VAN (2019) PENGARUH JUMLAH RUAS DAN KONSENTRASI ZAT PENGATUR TUMBUH ROOTONE-F TERHADAP PERTUMBUHAN STEK TANAMAN LADA (Piper nigrum L.). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tanaman Lada (Piper nigrum L.) merupakan tanaman rempah yang memiliki nilai ekspor tinggi dan dapat diperbanyak melalui stek. Penggunaan jumlah ruas dan Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) sangat diperlukan sebagai salah satu cara untuk menyediakan bahan tanam yang baik melalui perbanyakan stek. Penelitian ini bertujuan mengkaji interaksi antara jumlah ruas dan konsentrasi ZPT Rootone F terhadap pertumbuhan stek lada (Piper nigrum L.). Penelitian dilaksanakan di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Yogyakarta, Desa Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, D.I. Yogyakarta bulan Februari 2019 – Mei 2019. Percobaan menggunakan Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) dua faktor. Fakor pertama adalah penggunaan jumlah ruas yang terdiri atas 3 taraf, yaitu: Stek 1 ruas (R1), Stek 2 ruas (R2) dan Stek 3 ruas (R3). Faktor kedua adalah konsentrasi Rootone-F yang terdiri atas 3 taraf, yaitu : Rootone-F 50 ppm (K1), Rootone-F 100 ppm (K2) dan Rootone-F 150 ppm (K3), sehingga didapat 3x3 = 9 kombinasi perlakuan. Sebagai kontrol digunakan Stek 7 ruas tanpa pemberian Rootone-F. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat interaksi dari dua perlakuan pada setiap parameter pengamatan. Tidak terdapat beda nyata antara kontrol dan perlakuan dari setiap parameter yang diamati. Perlakuan jumlah ruas memberikan pengaruh yang nyata pada parameter persentase stek hidup, kecepatan muncul tunas, panjang tunas, jumlah daun, jumlah akar, volume akar dan bobot kering tunas, dengan hasil terbaik pada stek tiga ruas. Perlakuan konsentrasi Rootone F memberikan pengaruh nyata pada parameter persentase stek hidup dan kecepatan muncul tunas, perlakuan konsentrasi 100 ppm dan 150 ppm nyata lebih baik dibandingkan perlakuan 50 ppm. Kata kunci : Tanaman Lada, Stek, Ruas, Rootone-F.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 02 Aug 2019 08:21
Last Modified: 02 Aug 2019 08:21
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20637

Actions (login required)

View Item View Item