PENJADWALAN PRODUKSI JOB-SHOP MENGGUNAKAN ALGORITMA PEMBANGKIT JADWAL AKTIF DAN ALGORITMA PENJADWALAN NON-DELAY UNTUK MEMINIMASI MAKESPAN (Studi Kasus di CV Rumah Mesin Sewon, Bantul, Yogyakarta)

Kurniawan, Renaldi (2019) PENJADWALAN PRODUKSI JOB-SHOP MENGGUNAKAN ALGORITMA PEMBANGKIT JADWAL AKTIF DAN ALGORITMA PENJADWALAN NON-DELAY UNTUK MEMINIMASI MAKESPAN (Studi Kasus di CV Rumah Mesin Sewon, Bantul, Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (311kB) | Preview

Abstract

Pentingnya penjadwalan produksi pada sebuah perusahaan adalah untuk mengetahui seberapa lama suatu produk dapat dibuat dan diselesaikan agar tidak terjadi keterlambatan serta sesuai dengan target yang sudah ditentukan. CV Rumah mesin merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang pembuatan peralatan dan mesin. Perusahaan ini menggunakan system produksi make to order yang membuat perusahaan ini harus memproduksi berbagai macam jenis dan tipe produk dalam waktu yang bersamaan. Permasalahan yang terjadi pada CV Rumah Mesin adalah sering mngalami keterlambatan dalam penyelesaiaan sebuah produk. Dalam penelitian ini akan dilakukan pengolahan data yang ditujukan untuk mengatasi keterlambatan dan meminimasi makespan. Untuk mengatasi keterlambatan dan meminimasi makespan perlu dilakukan perhitungan metode algoritma jadwal aktif dan algoitma non-delay yang merupakan metode penjadwalan yang dapat mengoptimalkan penggunaaan mesin. Penelitian ini dimulai dengan melakukan perhitungan waktu proses operasi yang dilalui setiap komponen kemudian menentukan kumpulan operasi yang siap dijadwalkan, untuk algoritma jadwal aktif tentukan operasi yang paling awal dapat diselesaikan, sedangkan untuk algoritma non-delay tentukan operasi yang paling awal dapat dikerjakan, dengan menggunakan aturan SPT dipilih yang paling minimum untuk dikerjakan terlebih dahulu, kemudian membuat jadwal baru dengan menghilangkan operasi kemudian membuat operasi dari pengikut langsung dari operasi yang telah dihilangkan, ulangi langkah tersebut sampai seluruh pekerjaan terjadwalkan, kemudian dilakukan perbandingan antara penjadwalan metode perusahaan, penjadwalan metode algoritma jadwal aktif dan penjadawalan metode algortima non-delay. Penjadwalan yang optimal antara ketiga metode tersebut adalah metode algortima non-delay karena metode ini menghasilkan makespan paling minimum dibandingkan dengan kedua metode yang lain yaitu sebesar 3510 menit. Dengan menggunakan metode ini dapat mengurangi waktu sebesar 860 menit dibandingkan dengan metode perusahaan yang menghasilkan makespan sebesar 4570 menit Kata Kunci: Algoritma jadwal aktif, Algoritma non-delay, Makespan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: S.IP NURUL ALIFAH RAHMAWATI
Date Deposited: 02 Aug 2019 08:17
Last Modified: 02 Aug 2019 08:17
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20636

Actions (login required)

View Item View Item