PENENTUAN WAKTU PERAWATAN MESIN CARDING BERBASIS DECISION SUPPORT SYSTEM (DSS) (Studi kasus di Spinning IX PT Sri Rejeki Isman Tbk Sukoharjo)

Virgantama, Bagas (2019) PENENTUAN WAKTU PERAWATAN MESIN CARDING BERBASIS DECISION SUPPORT SYSTEM (DSS) (Studi kasus di Spinning IX PT Sri Rejeki Isman Tbk Sukoharjo). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (239kB) | Preview

Abstract

PT Sri Rejeki Isman, Tbk merupakan perusahaan tekstil dan garmen terintegrasi dimana menggunakan mesin semi-otomatis dalam memproduksi benang, kain dan pakaian. Perusahaan bekerja selama 24 sehari sehingga mengharuskan mesin untuk terus bekerja secara optimal, khususnya untuk departemen Spinning IX yang memiliki 159 mesin. Perusahaan memiliki sasaran mutu yang salah satu isinya adalah jumlah waktu berhenti mesin per bulan karena kerusakan mekanik sebesar 0,2 %, namun berdasarkan data waktu breakdown mesin carding pada bulan Januari 2019 sebesar 0,94 %. Kondisi lain yang terjadi, pendataan atau arsip data breakdown mesin carding dari tahun ke tahun masih dilakukan secara manual. Manual disini diartikan dalam bentuk tertulis di kertas yang dibentuk buku, sehingga belum terkomputerisasi. Penelitian ini bermaksud merancang Decision Support System (DSS) untuk menentukan waktu perawatan dan mempermudah dalam merekap data menggunkan preventive maintenance sehingga diharapkan dapat menurunkan waktu breakdown mesin carding. DSS ini dibangun dengan aplikasi berbasis windows dan database Access. DSS dirancang dengan flowchart, DFD, ERD, perancangan basis data dan desain user interface untuk mempermudah pembangunan aplikasi. Berdasarkan pengolahan data dan analisis, diperoleh waktu perawatan baru setiap komponen pada setiap mesin. Waktu perawatan baru yang didapat lebih cepat daripada waktu perawatan yang diterapkan perusahaan. Hasil tersebut dapat menjadikan pertimbangan bagi perusahaan dalam menjadwalkan waktu perawatan mesin carding. Kata kunci: breakdown, DSS, mesin carding, preventive maintenance, waktu perawatan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: S.IP NURUL ALIFAH RAHMAWATI
Date Deposited: 01 Aug 2019 02:54
Last Modified: 01 Aug 2019 02:54
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20614

Actions (login required)

View Item View Item