GEOLOGI DAN PROVENAN BATUPASIR FORMASI KIKIM, DAERAH BANDARJAYA DAN SEKITARNYA KECAMATAN LENGKITI, KABUPATEN OGAN KOMERING ULU, PROVINSI SUMATRA SELATAN

AVIRSA, RYAN (2019) GEOLOGI DAN PROVENAN BATUPASIR FORMASI KIKIM, DAERAH BANDARJAYA DAN SEKITARNYA KECAMATAN LENGKITI, KABUPATEN OGAN KOMERING ULU, PROVINSI SUMATRA SELATAN. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

Secara geografis daerah penelitian terletak pada koordinat (UTM-WGS84 zona 48 S) 40000 – 404000mT dan 951600 – 951300mU. Sedangkan secara administratif daerah penelitian termasuk ke dalam wilayah Desa Bandarjaya, Kecamatan Lengkiti, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan. Aspek-aspek geomorfologi pada daerah penelitian dibagi menjadi tiga satuan bentuk lahan, antara lain satuan bentuk lahan perbukitan vulkanik (V1), perbukitan karst (K1), dan lembah struktural (S1). Pola pengaliran yang berkembang ada dua pola pengaliran yaitu pola pengaliran Subparallel. Stratigrafi daerah penelitian dibagi menjadi tiga satuan batuan. Dari yang tertua terendapkan Satuan Lava-andesit Kikim yang berumur Eosen akhir – Oligosen Awal. Diatasnya diendapkan secara tidak selaras Satuan Batupasir Talangakar yang berumur N4-N5 (Miosen awal). Dan satuan termuda yaitu Satuan Batugamping Baturaja, terendapkan selaras dengan Satuan Batupasir Talangakar yang berumur N6-N7 (Miosen Awal). Struktur yang berkembang berupa sesar dan kekar. Arah umum stuktur geologi yang berkembang adalah utara – selatan. Sesar pada daerah telitian adalah Sesar Way batang dengan nama right normal slip fault (Rickard, 1972). Kekar Bandar jaya memiliki arah tegasan utama baratdaya – timurlaut. Kekar Umpam memiliki arah tegasan utama utara-selatan. Berdasarkan analisis provenance menurut diagram triangulasi Dickinson dan Suczeck (1979), batupasir pada satuan lava-andesit Kikim terbentuk pada tatanan tektonik Magmatic arc, dimana batuan sumber sedimen berasal dari transitional arc, dan lithic recycled. Potensi geologi pada daerah telitian yaitu potensi negatif berupa gerakan massa sedangkan potensi positif berupa potensi penambangan bahan galian golongan C, batu hias berupa amber dan fosil kayu, serta potensi geowisata berupa airterjun. Kata Kunci: Kikim, Petrografi, Provenan, Magmatic arc.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Geography
Depositing User: S.IP NURUL ALIFAH RAHMAWATI
Date Deposited: 30 Jul 2019 07:24
Last Modified: 30 Jul 2019 07:24
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20596

Actions (login required)

View Item View Item