PENGARUH INFLASI, SUKU BUNGA, NILAI TUKAR MATA UANG, DAN PRODUK DOMESTIK BRUTO (PDB) TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN (IHSG) PADA BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2009-2018

NUGRAHA, ERRY KURNIA (2019) PENGARUH INFLASI, SUKU BUNGA, NILAI TUKAR MATA UANG, DAN PRODUK DOMESTIK BRUTO (PDB) TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN (IHSG) PADA BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2009-2018. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstraksi.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTA ISI.pdf

Download (130kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel makroekonomi diantaranya adalah inflasi, suku bunga, nilai tukar mata uang rupiah terhadap dollar Amerika Serikat, dan Produk Domestik Bruto (PBD) terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) periode 2009 – 2018. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diambil dari website Bank Indonesia, Badan Pusat Statistik Indonesia, dan Bursa Efek Indonesia. Data dalam penelitian ini adalah data time series yang dikumpulkan dengan mendokumentasikan data variabel inflasi, suku bunga, nilai tukar mata uang rupiah terhadap dollar Amerika Serikat, Produk Domestik Bruto (PDB) dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) periode 2009-2018. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dan uji hipotesis dengan menggunakan uji f untuk mengetahui untuk mengetahui pengaruh secara bersamasama (simultan) variabel bebas terhadap variabel terikat dan uji t untuk mengetahui pengaruh secara parsial variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian ini adalah variabel inflasi, suku bunga, nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat, dan Produk Domestik Bruto (PDB) secara bersama-sama berpengaruh terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dengan tingkat signifikansi 5%. Secara parsial, variabel inflasi dan suku bunga tidak berpengaruh terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), sedangkan nilai tukar mata uang rupiah terhadap dollar Amerika Serikat berpengaruh negatif terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan Produk Domestik Bruto (PDB) berpengaruh positif terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Kata kunci: makroekonomi, inflasi, suku bunga, nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat, PDB, dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: S.IP NURUL ALIFAH RAHMAWATI
Date Deposited: 30 Jul 2019 06:45
Last Modified: 30 Jul 2019 06:45
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20594

Actions (login required)

View Item View Item