RANCANGAN TEKNIS KEMAJUAN PENAMBANGAN BATUGAMPING JANGKA PENDEK (SHORT TERM) PADA PT. INDONESIAN COMCOCROWN CHEMICAL INDUSTRY KECAMATAN SALE, KABUPATEN REMBANG, JAWA TENGAH

WIBISONO, CIPTAGHANI LATIEF (2019) RANCANGAN TEKNIS KEMAJUAN PENAMBANGAN BATUGAMPING JANGKA PENDEK (SHORT TERM) PADA PT. INDONESIAN COMCOCROWN CHEMICAL INDUSTRY KECAMATAN SALE, KABUPATEN REMBANG, JAWA TENGAH. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN PT. Indonesia Comcocrown Chemical Industry (PT.ICCI) merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan batugamping. Perusahaan tersebut terletak di Desa Tahunan, Kecamatan Sale, Kabupaten Rembang, Provinsi Jawa Tengah. Saat ini perusahaan tersebut memproduksi batugamping sebanyak 660.000 ton setiap tahun. Karena permintaan masyarakat yang meningkat terhadap kebutuhan batugamping, maka dari itu dalam waktu dekat PT. Indonesia Comcocrown Chemical Industry akan meningkatkan produksi batugamping menjadi 720.000 ton/tahun. Dengan adanya peningkatan produksi tersebut dibutuhkan suatu rancangan teknis kemajuan penambangan jangka pendek setiap 3 bulan (triwulan) , penentuan kebutuhan alat muat dan angkut serta geometri jalan angkut agar produksi tercapai sesuai target. PT. Indonesia Comcocrown Chemical Industry menerapkan penambangan dengan metode kuari berupa side hill quarry dengan luas 18,5 Ha. Berdasarkan hasil desain tambang rancangan produksi PT.ICCI adalah 214.401 ton untuk triwulan pertama, 214.346 ton untuk triwulan kedua, 214.497 ton untuk triwulan ketiga, 214.478 ton untuk triwulan keempat. Geometri jenjang yang digunakan pada PT. ICCI mengacu rekomendasi geoteknik dengan tinggi 10 meter dan sudut kemiringan maksimal 80 derajat. Pembongkaran batugamping menggunakan peledakan yang dilanjutkan dengan secondary breaking menggunakan Rock Breaker merek Komatsu PC-200 untuk memperkecil ukuran batuan menjadi 20- 40 cm. Alat muat menggunakan Excavator Komatsu PC-200 dengan kapasitas bucket sebesar 0,8 m3 sebanyak 7 unit dengan bucket yang telah dimodifikasi menjadi screening bucket. Alat angkut yang digunakan adalah Dump Truck Hino Dutro 130 HD dengan kapasitas bak sebesar 8 m3 dengan jumlah 14 unit. Rancangan jalan angkut didasarkan pada alat angkut terbesar yaitu dump truck DT Nissan CWB 450 HDN dengan lebar 2,5 meter , sehingga lebar minimum jalan angkut 2 jalur yaitu 9 meter dan lebar minimum pada tikungan yaitu 10 meter, kemiringan jalan (grade) yang dirancang yaitu 12% dengan cross slope 17,5 cm dan superelevasi yang digunakan yaitu 0,04 m/m dengan besarnya yaitu 0,394 meter.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 25 Jul 2019 03:43
Last Modified: 25 Jul 2019 03:43
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20565

Actions (login required)

View Item View Item