GEOLOGI DAN STUDI KETEBALAN NIKEL LATERIT PADA BATUAN OFIOLIT KECAMATAN PULAU SEBUKU, KABUPATEN KOTABARU, PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

FADLI, NUR WAHID (2019) GEOLOGI DAN STUDI KETEBALAN NIKEL LATERIT PADA BATUAN OFIOLIT KECAMATAN PULAU SEBUKU, KABUPATEN KOTABARU, PROVINSI KALIMANTAN SELATAN. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Sari.pdf

Download (203kB) | Preview

Abstract

Secara administratif daerah penelitian terletak di daerah Kecamatan Pulau Sebuku, Kabupaten KotaBaru, Provinsi Kalimantan Selatan dengan koordinat 433500 mT – 435500 dan 9620850 mU – 9618150 mU; dengan total luas area penelitian 1,5 km2. Berdasarkan analisis aspek-aspek Geomorfologi yang berkembang antara lain perbukitan ofiolit (S1), satuan tambang terbuka (A1), satuan bukit denudasional (D4), satuan tubuh sungai (F7) dan satuan dataran alluvial (F2). Daerah telitian terdiri dari Satuan Piroksenit Tersepentinisasi berumur Jura Tengah, Satuan Serpentinit berumur jura tengah, Satuan Gabro berumur Jura Tengah dan Endapan Alluvial berumur Kuarter. Struktur geologi daerah penelitian meliputi sesar naik. Sesar daerah penelitian berarah Tenggara – Barat Laut. Dari hasil pengamatan di lapangan juga di lakukannya korelasi antara sumur bor dan juga analisis kimia XRF tidak berpotensi karena kadar yang mengandung Ni sangat kecil, walupun tebal limonite nya. Prospek untuk di tambang khususnya yang mengandung Fe. Kehadiran Ni yang sangat sedikit ini adalah dampak dari batuan Ultrabasa seperti dunit dan hazburgite yang sudah mengalami terserpentinisasai sangat kuat sehingga membuat kandungan Ni tidak terakumulasi. Kata kunci: Ofiolit, Nikel Laterit, Serpentinisasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 24 Jul 2019 03:48
Last Modified: 24 Jul 2019 03:48
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20552

Actions (login required)

View Item View Item