ESTIMASI SUMBERDAYA BATU ANDESIT DENGAN METODE CROSS SECTION DI PT.ABADI KARYA DESA GIRI ASIH, KEC. BATU JAJAR, KAB. BANDUNG, PROVINSI JAWA BARAT

MUTHAHHARI, ITSBAT (2019) ESTIMASI SUMBERDAYA BATU ANDESIT DENGAN METODE CROSS SECTION DI PT.ABADI KARYA DESA GIRI ASIH, KEC. BATU JAJAR, KAB. BANDUNG, PROVINSI JAWA BARAT. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Penelitian dalam rangka menghitung volume sumberdaya andesit dilakukan di PT. Abadi Karya, Desa Giri Asih, Kecamatan Batu Jajar, Kabupaten Bandung. Daerah yang memiliki potensi tambang bahan galian ini banyak berdekatan dengan proyek jalan tol soreang. Oleh karenanya diharapkan dapat memenuhi kebutuhan bahan galian andesit sebagai bahan galian konstruksi. Berdasarkan hasil eksplorasi yang telah dilakukan, potensi andesit di daerah penelitian memiliki prospek untuk dilakukan pengusahaan. Upaya yang dapat dilakukan agar mendapatkan jumlah perhitungan sumberdaya batu andesit adalah dengan menggunakan metode Cross Section dengan pedoman Rule of Gradual Change menggunakan software AutoCAD 2007 dan Quicksurf. Metode Cross Section dipilih dengan mempertimbangkan bahan galian yang akan diteliti. Estimasi sumerdaya batu andesit pada daerah penelitian dibatasi sampai elevasi terendah 155 diatas permukaan laut dengan tebal lapisan tanah penutup sekitar 1,5 meter. Luas dari wilayah IUP daerah penelitian adalah 2,5 hektar. Berdasarkan pengamatan di lapangan dan penampang arah Utara – Selatan dan Barat – Timur penyebaran andesit merata di setiap arah. Posisi Barat Daya elevasinya paling tinggi dan posisi Timur Laut elevasinya paling rendah. Begitupula ketebalanya posisi Barat Daya lebih tebal di bandingkan dengan posisi Timur Laut. Jarak sayatan berpengaruh besar terhadap penaksiran volume sumberdaya Andesit. Jarak sayatan yang di gunakan pada penelitian ini adalah jarak 5 m, 10 m, 15 m, dan 20 m. Dari jarak – jarak tersebut di dapatkan volume terebesar pada jarak sayatan 5 m sebesar 422.502,56 m³. Berdasarkan perhitungan metode numerik di dapatkan kesalahan estimasi terkecil pada jarak sayatan 5 m dengan estimasi kesalahannya sebesar 0,0041 %.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:42
Last Modified: 22 Jul 2019 04:42
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20544

Actions (login required)

View Item View Item