DESAIN TEKNIS REKLAMASI DAERAH PENAMBANGAN LEMPUNG DI DUSUN PARE 3, DESA SIDOREJO, KECAMATAN GODEAN, KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Putra, Rangga Bima (2019) DESAIN TEKNIS REKLAMASI DAERAH PENAMBANGAN LEMPUNG DI DUSUN PARE 3, DESA SIDOREJO, KECAMATAN GODEAN, KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER S1 RANGGA BIMA PUTRA - 114140001.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN S1 RANGGA BIMA PUTRA - 114140001.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK S1 RANGGA BIMA PUTRA - 114140001.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI S1 RANGGA BIMA PUTRA - 114140001.pdf

Download (109kB) | Preview

Abstract

Kegiatan penambangan tanah lempung di Dusun Pare 3 belum menggunakan teknik penambangan yang baik. Penambangan belum berorientasi pada sistem berkelanjutan yang berwawasan lingkungan serta tidak ada rencana reklamasi lahan pasca tambang. Kegiatan penambangan tersebut menyebabkan perubahan topografi yang dapat menyebabkan kerusakan lahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kerusakan lahan dan membuat desain teknis reklamasi pada lokasi penambangan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dan pengharkatan dengan parameter yang digunakan untuk kerusakan lahan. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan sistem grid. Semua parameter yang ada diperoleh dengan cross check data di lapangan dan pemetaan lapangan. Skor dijumlahkan sehingga didapatkan nilai kerusakan lahan. Penataan lahan untuk daerah yang direklamasi melibatkan pembuatan paritan dan saluran pembuangan air. Hasil penelitian menunjukan tingkat kerusakan lingkungan di lokasi penambangan yang mendominasi adalah kategori kerusakan lahan rendah, sedangkan kategori kerusakan lahan sedang dan tinggi terdapat pada pit penambangan. Arahan pengelolaan yang dibuat adalah desain teras gulud. Desain teras gulud memiliki lebar teras hingga 10 meter dan tinggi dinding 3 meter sehingga membentuk kemiringan lereng 30%. Kelebihan desain teras gulud ini adalah biaya dan tenaga kerja yang relatif rendah dibandingkan teras bangku.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: S.IP NURUL ALIFAH RAHMAWATI
Date Deposited: 19 Jul 2019 07:07
Last Modified: 19 Jul 2019 07:07
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20508

Actions (login required)

View Item View Item