PENENTUAN JUMLAH PEKERJA BERDASARKAN PENGUKURAN BEBAN KERJA FISIK DENGAN MEMPERTIMBANGKAN INSENTIF (Studi Kasus di Unit Pelayanan Teknis Logam Yogyakarta)

Azami, Hafidz (2019) PENENTUAN JUMLAH PEKERJA BERDASARKAN PENGUKURAN BEBAN KERJA FISIK DENGAN MEMPERTIMBANGKAN INSENTIF (Studi Kasus di Unit Pelayanan Teknis Logam Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER Azam.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN Azam.pdf

Download (749kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK Azam.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI Azam.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

UPT Logam Yogyakarta adalah salah satu unit kerja industri logam yang berada di daerah Yogyakarta. UPT Logam Yogyakarta didirikan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menyediakan teknologi dan mesin canggih yaitu mesin Computer Numeric Control (CNC) yang dibutuhkan UKM sekitar untuk meningkatkan kualitas hasil produksinya. UPT Logam Yogyakarta bergerak di bidang pencetakan logam. Teknologi yang digunakan menggunakan mesin injection molding (pencetakan) dalam proses Die Casting Production. UPT Logam Yogyakarta dapat mentargetkan sebanyak 300pcs tiap satu shift kerja untuk produk cetakan apem. Namun dalam melaksanakan proses produksinya tidak ada jumlah pekerja yang tetap pada setiap stasiun kerja, serta memiliki beban kerja yang berbeda-beda dan berlebih karena jumlah aktivitas yang dikerjakan oleh pekerja tersebut berbeda. Dampak dari kondisi tersebut pada produktivitas perusahaan dalam memenuhi permintaan. Seperti yang terjadi pada bulan Juli 2018 terdapat permintaan produk cetakan apem sebanyak 12.000 pcs/2 bulan dengan harga satuan Rp 19.000,00, namun perusahaan hanya dapat memenuhi sekitar 4.500 pcs/bulan sehingga berakibat perusahaan mengalami lost sale sebesar Rp28.500.000,00. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan usulan optimal dalam menentukan jumlah pekerja berdasarkan beban kerja yang diterima oleh pekerja dengan mempertimbangkan insentif. Penelitian ini menggunakan metode Work Load Analysis dan Work Force Analysis dalam melakukan pengukuran beban kerja. Dari hasil pengolahan data dan hasil pembahasan yang dilakukan menghasilkan usulan jumlah pekerja menggunakan metode Work Load Analysis dengan menambah 4 orang pekerja serta melakukan kegiatan lembur untuk memenuhi permintaan, dengan laba bersih sebesar Rp34.928.400,00/bulan. Metode Work Force Analysis dengan menambah 5 orang pekerja untuk memenuhi permintaan produk cetakan apem dan mendapatkan laba bersih sebesar Rp43.632.000,00/bulan. Kata Kunci : Beban kerja, Pekerja, Work Load Analysis, Work Force Analysis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: S.IP NURUL ALIFAH RAHMAWATI
Date Deposited: 18 Jul 2019 07:22
Last Modified: 18 Jul 2019 07:22
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20480

Actions (login required)

View Item View Item