PERANCANGAN MESIN PENGELEM DAN PENGEPRES KARTON BOX MENGGUNAKAN METODE VEREIN DEUTSCHER INGENIEURE 2221 (Studi Kasus di CV Puja Box, di Yogyakarta)

YUDHANTO, ILHAM AKBAR (2019) PERANCANGAN MESIN PENGELEM DAN PENGEPRES KARTON BOX MENGGUNAKAN METODE VEREIN DEUTSCHER INGENIEURE 2221 (Studi Kasus di CV Puja Box, di Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (212kB) | Preview

Abstract

Proses produksi pada CV Puja Box (Jalan KH. ali Maksum No. 05, RT/01, Pelemsewu, Panggungharjo, Sewon Bantul) masih dilakukan dengan cara konvensional. Proses pengeleman karton dilakukan satu persatu hingga terbentuk box. Sistem ini dianggap tidak efisien dan tidak efektif karena proses pengeleman dan pengepresan secara manual memerlukan waktu 1-3 menit perlembar karton. Beberapa produk jadi juga mengalami kegagalan seperti karton robek, lecek, dan lem terlepas dari karton. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang mesin pengelem dan pengepres karton box bagi pekerja kemasan karton sehingga dapat digunakan sebagai pengganti tenaga manusia pada proses pengeleman karton dan dapat meningkatkan produktivitas CV Puja Box. Perancangan mesin pengelem dan pengepres karton box ini menggunakan metode Verein Deutscher Ingenieure (VDI) 2221. Metode tersebut terdiri dari beberapa tahapan, antara lain penjabaran tugas, penentuan konsep rancangan, perancangan wujud, perancangan rinci, manufaktur produk, pengujian produk yang dihasilkan, dan evaluasi. Pengaplikasian tahapan-tahapan VDI 221diharapkan dapat mempresentasikan secara detail kebutuhan pekerja kemasan karton box di CV Puja Box terhadap mesin pengelem dan pengepres karton box. Penelitian ini berhasil merancang mesin pengelem dan pengepres karton box untuk pekerja di CV. Puja Box. Proses pengeleman menggunakan mesin membutuhkan waktu 0,24 menit/lembar dan dapat menghasikan 1000 lembar/ 1 hari kerja selama 8 jam. Kata kunci: pengeleman karton manual, tahapan-tahapan VDI 222I, mesin pengelem dan pengepres karton box

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: S.IP NURUL ALIFAH RAHMAWATI
Date Deposited: 18 Jul 2019 06:47
Last Modified: 18 Jul 2019 06:47
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20478

Actions (login required)

View Item View Item