ANALISIS PENGARUH TINGKAT INFLASI, SUKU BUNGA BI RATE, NILAI TUKAR RUPIAH DAN PRODUK DOMESTIK BRUTO TERHADAP NERACA PEMBAYARAN INDONESIA, PERIODE TRIWULAN I 2009 – TRIWULAN III 2018

Hartono, Hartono (2019) ANALISIS PENGARUH TINGKAT INFLASI, SUKU BUNGA BI RATE, NILAI TUKAR RUPIAH DAN PRODUK DOMESTIK BRUTO TERHADAP NERACA PEMBAYARAN INDONESIA, PERIODE TRIWULAN I 2009 – TRIWULAN III 2018. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HAL PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (292kB) | Preview

Abstract

Intisari Neraca pembayaran Indonesia (NPI) adalah catatan dari semua transaksi ekonomi internasional yang meliputi perdagangan, keuangan dan moneter antara penduduk dalam negeri dengan penduduk luar negeri selama periode waktu tertentu, biasanya satu tahun atau triwulan dan dikatakan sebagai laporan arus pembayaran (keluar dan masuk) untuk suatu negara. Neraca pembayaran terus berfluktuasi oleh beberapa faktor setiap laporan neraca pembayaran di terbitkan. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penulis mengangkat topic dengan judul “Analisis Pengaruh Tingkat Inflasi, Suku Bunga Bi-rate, Nilai Tukar Rupiah Dan Produk Domestik Bruto Terhadap Neraca Pembayaran Indonesia, Periode Triwulan I 2009 – Triwulan III 2018”. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan Vector Autoregression (VAR). Pendekatan VAR dalam penelitian ini digunakan untuk melihat respon dinamis variabel-variabel terhadap shock (goncangan) atas suatu variabel tertentu. Variabel yang digunakan adalah neraca pembayaran Indonesia, inflasi, BI rate, nilai tukar dan PDB . Hasil dari penelitian ini adalah variabel neraca pembayaran Indonesia dan produk domestik bruto memiliki hubungan satu arah. Dalam jangka panjang hanya variabel BI-rate yang mempengaruhi NPI dan dalam jangka pendek perubahan variabel nilai tukar pada satu triwulan lalu memberikan dampak negatif terhadap NPI, dan variabel PDB pada satu dan dua triwulan yang lalu memberikan dampak positif terhadap NPI saat ini. Sementara respon yang diberikan NPI terhadap guncangan inflasi dan BI-rate bersifat positif dan permanen. Guncangan nilai tukar bersifat negatif dan sementara sedangkan PDB berfluktuasi dari positif ke negatif dan permanen. Kata Kunci : Neraca pembayaran Indonesia (NPI), inflasi, BI rate, nilai tukar dan produk domestik bruto (PDB).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 18 Jul 2019 01:42
Last Modified: 18 Jul 2019 01:42
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20455

Actions (login required)

View Item View Item