PEMBERDAYAAN MASYARAKAT OLEH BADAN USAHA MILIK DESA MELALUI WISATA KAMPOENG MATARAMAN (Studi Kasus Badan Usaha Milik Desa Panggung Lestari Panggungharjo Sewon Bantul)

KAMALIYATIN, KAMALIYATIN (2019) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT OLEH BADAN USAHA MILIK DESA MELALUI WISATA KAMPOENG MATARAMAN (Studi Kasus Badan Usaha Milik Desa Panggung Lestari Panggungharjo Sewon Bantul). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of KAMALIYATIN_135150063_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
KAMALIYATIN_135150063_ABSTRAK.pdf

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of KAMALIYATIN_135150063_COVER.pdf]
Preview
Text
KAMALIYATIN_135150063_COVER.pdf

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of KAMALIYATIN_135150063_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
KAMALIYATIN_135150063_DAFTAR ISI.pdf

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of KAMALIYATIN_135150063_LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
KAMALIYATIN_135150063_LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (435kB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (37kB)

Abstract

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT OLEH BADAN USAHA MILIK DESA MELALUI WISATA KAMPOENG MATARAMAN
(Studi Kasus Badan Usaha Milik Desa Panggung Lestari Panggungharjo Sewon Bantul)
Disusun Oleh : Kamaliyatin
Dibimbing Oleh :

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengkaji program usaha yang dilakukan BUMDES Panggung Lestari melalui Wisata Kampoeng Mataraman dan (2) Mengkaji proses pemberdayaan masyarakat yang dilakukan BUMDES Panggung Lestari melalui Wisata Kampoeng Mataraman. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif didukung data kuantitatif dengan pendekatan studi kasus mengenai program dan proses pemberdayaan yang ada di Kampoeng Mataraman. Sumber data adalah data primer dan sekunder, metode pengumpulan data dengan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara, penentuan informan dengan teknik bola salju. Keabsahan data dengan triangulasi sumber, waktu, dan teknik. Analisis data dengan cara reduksi data, data disajikan, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini memberi kesimpulan (1) Jenis program yang dijalankan Kampoeng Mataraman antara lain, kuliner dengan kegiatan menjual berbagai makanan tradisional, program pertanian yaitu dengan budidaya padi dan sayur organik, menjual benih bunga dan bibit bunga serta ternak, program jasa dengan menyewakan baju tradisional serta menyewakan lokasi Kampoeng Mataraman untuk berbagai kegiatan, program warung oleh-oleh dengan kegiatan menjual dan menampung produk dari UP2K, dengan tujuan mengedukasi dan melestarikan budaya lokal yang dijalankan oleh masyarakat marginal seperti orang tua tunggal, orang yang sudah tua renta, difabel, pemuda yang tidak melanjutkan sekolah, masyarakat dari segi sosial yang rendah atau kurang mampu. (2) Proses pemberdayaan masyarakat melalui tiga tahap yaitu penyadaran melalui kegiatan sosialisasi, pemberian kapasitas mencakup kapasitas manusia dan usaha dengan kegiatan studi banding, seminar bahasa, pelatihan pertanian organik, latihan memasak dan menyajikan serta magang untuk anggota yang baru bergabung, kapasitas organisasi dengan kegiatan pembentukan organisasi, SOP, mutasi anggota, rapat mingguan dan bulanan serta penataan ulang struktur organisasi, kapasitas nilai dengan kegiatan rapat mingguan dan bulanan, brifing tugas setiap divisi sedangkan tahap pemberian daya belum dilakukan.
Kata kunci : Badan Usaha Milik Desa, Kampoeng Mataraman, Pemberdayaan

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Badan Usaha Milik Desa, Kampoeng Mataraman, Pemberdayaan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 16 Jul 2019 01:46
Last Modified: 08 Jan 2024 04:39
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20414

Actions (login required)

View Item View Item