PENENTUAN KOMBINASI CAMPURAN BAHAN BATA RINGAN JENIS CLC (CELLULAR LIGHTWEIGHT CONCRETE) YANG OPTIMAL TERHADAP KUAT TEKAN DENGAN METODE TAGUCHI (Studi Kasus di Usaha Kecil Menengah (UKM) Bata Ringan BanonCon)

Rahma, Amalia Atika (2019) PENENTUAN KOMBINASI CAMPURAN BAHAN BATA RINGAN JENIS CLC (CELLULAR LIGHTWEIGHT CONCRETE) YANG OPTIMAL TERHADAP KUAT TEKAN DENGAN METODE TAGUCHI (Studi Kasus di Usaha Kecil Menengah (UKM) Bata Ringan BanonCon). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover_AmaliaAtikaRahma_122140117.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LembarPengesahan_AmaliaAtikaRahma_122140117.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak_AmaliaAtikaRahma_122140117.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DaftarIsi_AmaliaAtikaRahma_122140117.pdf

Download (452kB) | Preview

Abstract

Batu Bata BanonCon merupakan usaha kecil menengah (UKM) yang menghasilkan produk batu bata ringan jenis CLC (Cellular Lightweight Concrete) di Nganglik, Kabupaten Sleman. Bata ringan jenis CLC diminati oleh para pekerja konstruksi karena harganya yang terjangkau dan lebih rapi dalam pengerjaannya dibandingkan dengan batu bata merah. Dalam produksi batu bata ringan jenis CLC BanonCon masih ditemukan produk yang cacat, terutama jenis cacat retak pada bata ringan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan hasil kombinasi campuran bahan baku bata ringan jenis CLC untuk menghasilkan kuat tekan bata ringan yang optimal. Dalam penilitian ini hanya menggunakan faktor terkendali yaitu komposisi semen sebanyak 1,7 kg, 1,9 kg dan 2,2 kg; komposisi air sebanyak 1,7 liter, 2 liter, dan 2,2 liter; komposisi pasir gunung merapi sebanyak 3,5 kg, 4,1 kg, dan 4,5 kg; serta komposisi foam agent sebanyak 6 gr, 7 gr, dan 8 gr. Pengujian kuat tekan pada bata ringan menggunakan ukuran kubus 7,5 x 7,5 x 7,5 cm mengikuti ketebalan ukuran bata ringan yaitu 50 x 20 x 7,5 cm. Hasil pengolahan data menggunakan metode Taguchi menunjukkan bahwa kombinasi faktor dan level yang optimal adalah faktor A level 3 (komposisi semen) sebanyak 2,2 kg faktor B level 2 (komposisi air) sebanyak 2 liter, faktor C level 1 (komposisi pasir) sebanyak 3,5 kg, dan faktor D level 2 (komposisi foam agent) sebanyak 7gr. Penelitian ini dapat dikembangkan lebih lanjut dengan menambahkan faktor kendali dan mengatur kembali faktor dan level yang berpengaruh terhadap kuat tekan bata ringan jenis CLC (Concrete Light Weight). Kata kunci: Taguchi, desain eksperimen, kuat tekan, bata ringan CLC, Concrete Light Weight

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: S.IP NURUL ALIFAH RAHMAWATI
Date Deposited: 15 Jul 2019 08:28
Last Modified: 15 Jul 2019 08:28
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20407

Actions (login required)

View Item View Item