GEOLOGI DAN PROVENAN BATUPASIR FORMASI KIKIM PADA DAERAH TANJUNG AGUNG DAN SEKITARNYA, KECAMATAN LENGKITI, KABUPATEN OGAN KOMERING ULU, PROVINSI SUMATRA SELATAN

PEKERTI, ANUGERAH (2019) GEOLOGI DAN PROVENAN BATUPASIR FORMASI KIKIM PADA DAERAH TANJUNG AGUNG DAN SEKITARNYA, KECAMATAN LENGKITI, KABUPATEN OGAN KOMERING ULU, PROVINSI SUMATRA SELATAN. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (256kB) | Preview

Abstract

Secara geografis daerah penelitian terletak pada koordinat (UTM-WGS84 zona 48 S) 399000 – 401000mT dan 9518000 – 9521000mU. Sedangkan secara administratif daerah penelitian termasuk ke dalam wilayah Tanjung Agung, Kecamatan Lengkiti, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Provinsi Sumatra Selatan. Aspek-aspek geomorfologi pada daerah penelitian dibagi menjadi empat satuan bentuk lahan, antara lain satuan bentuk lahan Tubuh Sungai (F1), Dataran Banjir (F2) Perbukitan Denudasional (D1), dan Perbukitan dan Dataran Karst (K1). Pola pengaliran yang berkembang ada 2 pola pengaliran yaitu pola pengaliran Dendritik, dan Subdendritik. Stratigrafi daerah penelitian dapat dibagi menjadi lima satuan batuan. Satuan Lava-andesit Kikim merupakan satuan batuan paling tua, diatasnya terendapkan satuan batupasir Talangakar dan satuan Kalkarenit Talangakar secara selaras kemudian, diatas satuan batupasir Talangakar dan satuan Kalkarenit Talangakar terendapkan satuan Batugamping Baturaja secara selaras. Keempat batuan tersebut berumur Paleosen Akhir - Miosen Awal. Sedangkan satuan Endapan Aluvial terendapkan secara tidak selaras diatas satuan Batugamping Baturaja dan berumur Plistosen - Holosen. Struktur yang berkembang berupa Sesar. Arah umum stuktur geologi yang berkembang adalah Utara-Selatan. Sesar Air Kiti dan Sesar Bumi Kawah merupakan sesar mendatar kanan berarah utara-selatan mengikuti pola sunda. Hasil analisis provenan pada empat sampel batupasir Satuan Lava-andesit Formasi Kikim diperoleh melalui analisis petrografi menunjukkan bahwa dari empat sampel pada daerah telitian 2 berasal dari batuan metamorf dan batuan granit dengan lingkungan tektonik magmatic arc dan recycled orogen. Sedangkan berdasarkan analisis geokimia (XRF) menunjukkan bahwa keempat sampel batupasir Kikim memiliki tatanan tektonik yang berasal dari Continental Island Arc. Potensi geologi pada daerah telitian yaitu potensi positif berupa fossil amber sebagai bahan pembuatan perhiasan sedangkan potensi negatif berupa gerakan massa. Kata Kunci: provenan, Formasi Kikim.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 15 Jul 2019 08:13
Last Modified: 15 Jul 2019 08:13
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20402

Actions (login required)

View Item View Item