PERANCANGAN LINGKUNGAN KERJA FISIK UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS DENGAN PENDEKATAN ERGONOMI MAKRO (Studi Kasus di UD Dewi Sri, Gatak, Sukoharjo)

Bramantyo, Taufiq Wahyu (2019) PERANCANGAN LINGKUNGAN KERJA FISIK UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS DENGAN PENDEKATAN ERGONOMI MAKRO (Studi Kasus di UD Dewi Sri, Gatak, Sukoharjo). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3.Cover.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.Lembar pengesahan.pdf

Download (652kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.Abstrak.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.Daftar isi.pdf

Download (206kB) | Preview

Abstract

Pentingnya peningkatan produktivitas disebabkan karena adanya kenyataan bawa tingkat produktivitas yang tinggi akan dapat memperkuat perekonomian perusahaan tersebut dan mendukung keberlangsungan proses industri didalamnya. Salah satu faktpr penunjang produktivitas adalah lingkungan kerja yang nyaman bagi pekerja. UD Dewi Sri merupakan unit usaha mikro, kecil, menengah yang bergerak dibidang penggilingan beras dengan status unit usaha yang masih berstandar UMKM maka keadaan lingkungan kerja fisik masih belum menjadi prioritas perusahaan. Dalam penelitian ini akan dilakukan pengolahan data yang ditujukan untuk meningkatkan produktivitas perusahaan. Pendekatan ergonomi makro menganalisis hubungan sosioteknikal antara organisasi perusahaan dengan sistem kerja. penelitian ini dimulai dengan pembuatan kuesioner penelitian kemudian dilakukann analisis, dari hasil kuesioner kemudian dilakukan pengujian statistik pada data, setelah uji statistik kemudian dilakukan pengembangan model simulasi dalam powersim studio, hasil simulasi kemudian divalidasi, setelah model yang dibuat dikatakan valid maka diberikan usulan perancangan untuk mengurangi limbah kebisingan, menurunkan suhu ruangan, dan meningkatkan intensitas cahaya. Model sistem tersebut kemudian akan disimulasikan, kemudian dilakukan perbandingan terhadap hasil perhitungan tingkat produktivitas sehingga dapat diketahui hasil yang terbaik dari skenario yang telah dibuat. Perbaikan yang dilakukan pada lingkungan kerja fisik adalah pengadaan lampu Philips TL E27 160 W, pemasangan air cyclone turbin, perbaikan susunan mesin, penggantian knalpot mesin diesel, dan pengadaan earplugs. Pembuatan simulsi dilakukan degan bantuan software powersim. Dari hasil simulasi yang dilakukan bahwa output rata-rata pada skenario terpilih yakni skenario 2 sebesar 8703 kg perhari, sedangkan rata-rata profit dalam 1 tahun sebesar Rp.41.009.664, dan tingkat produktivitas sebesar 81 %. Kata Kunci: Ergonomi makro, Simulasi model, Powersim studio

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: S.IP NURUL ALIFAH RAHMAWATI
Date Deposited: 15 Jul 2019 08:05
Last Modified: 15 Jul 2019 08:05
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20401

Actions (login required)

View Item View Item