ANALISIS PERSEDIAAN BAHAN BAKU SEAMLESS PIPE SCH 40 UNTUK MEMINIMASI BIAYA PESAN (Studi Kasus di CV Marabuthama Sindo, Ceper, Kabupaten Klaten)

Purnasari, Annisya (2019) ANALISIS PERSEDIAAN BAHAN BAKU SEAMLESS PIPE SCH 40 UNTUK MEMINIMASI BIAYA PESAN (Studi Kasus di CV Marabuthama Sindo, Ceper, Kabupaten Klaten). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

CV Marabuthama Sindo merupakan perusahaan yang memproduksi hidrolis cuci mobil H track dan tipe H dengan bahan baku utama yaitu Seamless Pipe sch 40. Perusahaan ini memberlakukan kebijakan pembelian bahan baku hanya didasarkan pada perkiraan permintaan hidrolis oleh konsumen. Hal tersebut mengakibatkan gudang mengalami overstock. Seamless pipe sch 40 adalah barang yang mengalami overload yang disebabkan oleh masuknya material yang berlebihan yang tidak memperhatikan adanya keterbatasan gudang Pada bulan Oktober 2017 terjadi overload Seamless pipe sch 40 sebanyak 86 unit sedangkan kapasitas penyimpanan gudang hanya mampu menampung sebanyak 180 unit Seamless pipe sch 40, 94 unit Seamless pipe sch 40 disimpan diluar penyimpanan. Kelebihan persediaan tersebut mengakibatkan tingginya biaya persediaan dan biaya total yang akan dikeluarkan perusahaan Perencanaan kebutuhan bahan baku dengan menggunakan metode Lot Sizing, dimana metode-metode lot sizing yang digunakan adalah Algoritma Wagner Whitin dan Algoritma Silver Meal sebagai acuan untuk mengetahui besarnya kebutuhan baku dimasa medatang. Teknik terbaik yang menghasilkan biaya minimum yang aka diusulkan ke perusahaan. Dalam penelitian ini bahan baku yang dihitung merupakan bahan baku Seamless pipe sch 40. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Algoritma Wagner Within adalah metode yang terbaik. Hal ini dapat disimpulkan bahwa total cost metode yang dikeluarkan memiliki nilai terkecil dengan nilai sebesar Rp. 5.932.645, sehingga dapat menghemat pengeluaran sebesar 16,67% dibandingkan dengan metode Perusahaan dengan nilai sebesar Rp.7.120.000 dan metode Algoritma Silver Meal dengan nilai sebesar Rp. 9.379.000 Kata kunci: Algoritma Wagner Whitin, Algoritma Silver Meal, Persediaan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: S.IP NURUL ALIFAH RAHMAWATI
Date Deposited: 15 Jul 2019 07:35
Last Modified: 15 Jul 2019 07:35
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20392

Actions (login required)

View Item View Item