PERENCANAAN INSTALASI PENGOLAHAN AIR LINDI TEMPAT PEMROSESAN AKHIR (TPA) SAMPAH KOPI LUHUR, DUSUN SUMUR WUNI, KELURAHAN ARGASUNYA, KECAMATAN HARJAMUKTI, KOTA CIREBON, PROVINSI JAWA BARAT

Aziz, Muhammad Fajri Putra (2019) PERENCANAAN INSTALASI PENGOLAHAN AIR LINDI TEMPAT PEMROSESAN AKHIR (TPA) SAMPAH KOPI LUHUR, DUSUN SUMUR WUNI, KELURAHAN ARGASUNYA, KECAMATAN HARJAMUKTI, KOTA CIREBON, PROVINSI JAWA BARAT. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of 3. COVER.pdf]
Preview
Text
3. COVER.pdf

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of 4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (350kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (223kB) | Preview

Abstract

TPA Kopi Luhur menurut adendum AMDAL memiliki IPAL yang berupa kolam-kolam untuk menampung dan mengolah air lindi, namun pada kolamnya masih belum memiliki pengolahan lebih lanjut seperti aerator dan lainnya, sehingga pengolahan pada kolam lindi tidak berfungsi dengan baik, air lindi juga banyak yang menggenang hingga ke jalan dan mencemari air tanah warga. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kesesuaian air lindi pada outlet IPAL TPA Kopi Luhur dengan baku mutu air lindi, mengetahui kesesuaian airtanah dengan baku mutu air kelas I untuk konsumsi, mengetahui efektifitas percobaan unit IPAL Constructed Wetland skala laboratorium, dan memberikan desain IPAL yang direkomendasikan untuk TPA Kopi Luhur.
Metode yang digunakan yaitu metode survei dan pemetaan lapangan, metode purposive sampling untuk pengambilan sampel air tanah, air lindi, dan tanah, metode analisis matematis untuk menghitung debit lindi, indeks pencemaran, dan dimensi pengolahan, metode analisis laboratorium untuk menguji sampel air tanah, air lindi, tekstur tanah, dan permeabilitas tanah, metode analisis deskriptif untuk menghitung status mutu air dan efisiensi pengurangan polutan lindi. Percobaan dilakukan dengan metode Constructed Wetland skala laboratorium menggunakan tumbuhan Cyperus papyrus untuk mengolah efluen lindi, dengan variabel waktu tinggal 2 dan 4 hari.
Hasil pengujian sampel outlet, air lindi melebihi standar baku mutu terhadap parameter COD dan TSS yakni 2021 mg/L dan 110 mg/L. Berdasarkan hasil pengujian sampel dan perhitungan status mutu air, air tanah pada daerah sekitar TPA Kopi Luhur memiliki kadar BOD dan COD yang melebihi baku mutu yakni pada AT1 BOD 82 mg/L dan COD 857 mg/L, pada AT2 BOD 72 mg/L dan COD 985 mg/L, sehingga tergolong kedalam tercemar sedang. Berdasarkan hasil percobaan, penurunan konsentrasi polutan pada waktu detensi 4 hari merupakan hasil yang paling efektif, dengan presentase penurunan konsentrasi BOD 67,5159%, COD 67,4832%, N-Total 28,5667%, dan TSS 44,7619%. Desain kolam IPAL yang diberikan merupakan proses perombakan dan penggantian fungsi kolam eksisting, dengan dimensi IPAL rekomendasi yaitu kolam anaerob 14m x 7m x 3m, kolam fakultatif 32 m x 16 m, kedalaman 1,5 m, kolam maturasi 30 m x 15 m, kedalaman 1,5 m, dan kolam constructed wetland dengan 29 m x 15 m x 0,8 m, kebutuhan tanaman 392.
Kata Kunci: IPAL, Tempat Pemrosesan Akhir, Cyperus papyrus, Constructed Wetland

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 15 Jul 2019 07:06
Last Modified: 11 Aug 2023 02:43
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20388

Actions (login required)

View Item View Item